Pemkab Barito Timur dalam Upaya Penurunan Stunting Gelar Kegiatan Rembuk Stunting

Upaya Penurunan Masalah Stunting Pemkab Barito Timur Mengadakan Kegiatan Rembuk Stunting Barito Timur Tahun 2023 di Aula Bappelitbangda, Senin (28/8/2023). Foto/IST

POSSINDO.COM, Barito Timur -Upaya penurunan masalah stunting Pemkab Barito Timur mengadakan Kegiatan Rembuk Stunting Barito Timur Tahun 2023 di Aula Bappelitbangda. Kegiatan ini dibuka oleh Asisten III Setda Bartim Edius Uhing yang mewakili Bupati Ampera AY Mebas.


Dalam sambutan Bupati yang dibacakan Asisiten III menjelaskan bahwa rembuk stunting Kabupaten Bartim tahun 2023 merupakan salah satu tugas dan tanggungjawab bersama dalam menjalankan amanat yang diatur dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting. 

 

Dia menjelaskan, stunting adalah gangguan pertumbuhan serta perkembangan anak akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang, yang ditandai dengan panjang atau tinggi badannya berada dibawah standar yang ditetapkan. Kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis ini terjadi terutama pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK).

Bupati Barito Timur mengharapkan penyelenggaraan serta pelaksanaan program dan kegiatan Percepatan Penurunan Stunting ini ditetapkanlah Strategi Nasional sebagai acuan, yang dimana bertujuan menurunkan prevalensi stunting, meningkatkan  kualitas penyiapan kehidupan keluarga, menjamin pemenuhan asupan gizi, memperbaiki pola asuh, meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan, dan meningkatkan akses air minum dan sanitasi.

Disisi lain, masalah gizi tetap harus menjadi prioritas yang tidak boleh kita abaikan, oleh karenanya kepada seluruh perangkat daerah bersama stakeholder terkait untuk bisa melakukan upaya pemenuhan gizi masyarakat, terutama bagi mereka yang rentan seperti ibu hamil dan anak balita agar bisa tetap terpenuhi dengan baik.

Turut hadir pula Kepala OPD yang terkait dalam Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS), Camat se-Kabupaten Bartim dan undangan lainnya.(Budi)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال