Plt Bupati Kapuas Ajak Masyarakat Bekerjasama dalam Hal Penanganan Karhutla

Plt Bupati Kapuas, Kalimantan Tengah, Muhammad Nafiah Ibnor. Foto/IST

POSSINDO.COM, Kapuas -Plt Bupati Kapuas, Kalimantan Tengah, Muhammad Nafiah Ibnor kembali mengingatkan serta meminta kepada masyarakat, terhadap ancaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang rawan terjadi.

Untuk itu, dirinya mengingatkan bahwa kewaspadaan terhadap ancaman kebakaran hutan dan lahan  harus benar-benar dapat tingkatkan. Apalagi dalam periode 2 bulan terakhir, jumlah titik panas, dan kejadian karhutla yang terjadi cenderung meningkat.

Plh Bupati Kapuas itu pun kembali mengajak masyarakat untuk bekerja sama dalam hal penanganan karhutla, seperti melakukan pemadaman bersama petugas, kemudian juga menjaga lahan agar tidak terbakar.


Ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara dibakar, termasuk juga untuk tidak membuang puntung rokok sembarang. Hal ini dilakukan dalam mencegah terjadinya karhutla di wilayah setempat, mengingat saat ini memasuki musim kemarau yang rawan akan terjadinya kebakaran hutan maupun lahan.

"Kita tidak boleh main-main. Semua pihak, baik kabupaten, Forkopimda, instansi terkait, Pemerintah Kecamatan, Kelurahan/Desa maupun elemen masyarakat harus bersatu padu dalam penanggulangan Karhutla di Kalteng," ucap Nafiah. 

Menurut Nafiah Ibnor sinergi Satgas Karhuta kabupaten, kecamatan dan kelurahan/desa harus diperkuat, serta personel, sarana prasarana, dan sumber daya lain harus disiapsiagakan, sehingga kita bersama dapat mewujudkan Kabupaten Kapuas bebas kabut asap.(Glas)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال