Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Dinas Kesehatan Kapuas Gelar Pertemuan AMP

Dinas Kesehatan Melalui Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Melaksanakan Pertemuan AMP (Audit Maternal Perinatal), bertempat di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas. Rabu (2/8/2023). Foto/IST

POSSINDO.COM, Kapuas -Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kapuas melalui Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi rutin mengadakan pertemuan Audit Maternal Perinatal atau AMP. Kegiatan tersebut bertujuan sebagai upaya meningkatkan pelayanan kesehatan maternal, perinatal/neonatal di wilayah Kabupaten Kapuas dan percepatan penurunan AKI/AKB (Angka Kematian Ibu)/(Angka Kematian Bayi).

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas dr. Tonun Irawaty Panjaitan, M.M didampingi Kepala Bidang SDK (Sumber Daya Kesehatan) Widjiati, S.K.M.,MPH dan Ketua Tim Kerja Kesehatan Keluarga dan Gizi Mayae Hugo, S.SiT, MPH.

Dalam sambutannya, Plt. Kepala Dinas Kesehatan dr. Tonun Irawaty menyampaikan dengan adanya sarana dan prasarana yang mulai terpenuhi maka tinggal pelaksanaan pelayanannya yang perlu di tajamkan.

“Setiap puskesmas wajib membuka pelayanan 24 jam untuk pertolongan persalinan. Peningkatan akses dan kualitas pelayanan kesehatan ibu dan bayi baru lahir oleh tenaga kesehatan dan melibatkan peran lintas sektor untuk pelayanan yang optimal,” ujar dr Tonun.

Kegiatan ini pun dikatakannya bertujuan untuk pembelajaran, pembinaan dan perbaikan dengan memperhatikan prinsip menghormati dan melindungi semua pihak yang terkait, baik individu maupun institusi sehingga menghasilkan rekomendasi yang diberikan oleh narasumber.

Sebagai peserta kegiatan mengundang 6 Puskesmas yang terdiri dari Kepala Puskesmas, Dokter, Bidan Koordinator/Bidan yang memiliki Kasus Kematian, dari RSUD dr.Soemarno Sosroatmodjo yang terdiri dari Kabid keperawatan, Kepala Ruangan Poli Kebidanan, Poned, Perinatologi, VK dan Nifas, Beberapa bidan praktek swasta dan perwakilan Organisasi Profesi Bidan (IBI) dan Perawat (PPNI).(Glas)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال