Wakil Gubernur Kalteng dan Menteri Pertanian Lakukan Peninjauan Lokasi Food Estate Singkong

Mentan Syahrul Yasin Limpo bersama Wagub  Kalteng H. Edy Pratowo meninjau calon lokasi food estate singkong yang berada di Desa Dahian Tambuk Kecamatan Mihing Raya Kabupaten Gunung Mas, Kalteng, Selasa (22/8/2023). Foto/Diskominfo Kalteng

POSSINDO.COM, Kalimantan Tengah -Food estate adalah satu gagasan Presiden Jokowi yang masuk dalam Program Strategis Nasional (PSN), Program yang juga dikenal dengan pembangunan lumbung pangan ini dilakukan sebagai upaya pemerintah untuk mengantisipasi krisis pangan.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo bersama Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng H. Edy Pratowo meninjau calon lokasi food estate singkong yang berada di Desa Dahian Tambuk Kecamatan Mihing Raya Kabupaten Gunung Mas, Kalteng, Selasa (22/8/2023).

Mentan dalam keterangan yang diterima di Palangka Raya, Rabu, mengatakan dirinya menyetujui calon lahan "food estate" yang ada di Desa Dahian Tambuk tersebut.

"Harapannya ada 1.000 hektare lahan, tetapi sebagai tahap awal bisa dengan yang ada sekarang ini," terangnya.

Calon lokasi food estate singkong tersebut memiliki luas 721 hektar, yang terdiri dari Area Penggunaan Lain (APL) 610 hektar dan Hutan Produksi Konversi (HPK) 111 hektar. 

Sementara itu, Wagub menjelaskan kunjungan Mentan ke Kabupaten Gunung Mas ini dalam rangka alternatif ketahanan pangan di wilayah setempat.

Turut hadir mendampingi dalam peninjauan pada Selasa (22/8) yakni Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian Kasdi Subagyono, Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian Ali Jamil dan Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Suwandi.

Selanjutnya Direktur Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian Andi Nur Alam Syah, Direktur Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian Prihasto Setyanto, Kepala Badan Standarisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Kementerian Pertanian Fadjry Djufry dan Staf Khusus Mentan.(Ndre.MC/Kalteng)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال