Deklarasi Partai Demokrat Gabung Koalisi Prabowo Segera Diumumkan Pekan Ini

    Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto Berjabat Tangan dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono Usai Melakukan Pertemuan tertutup di Kertanegara, Jakarta. Foto/(ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc

POSSINDO.COM, Politik -Partai yang dipimpin Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) itu disebut akan segera bergabung ke Koalisi Indonesia Maju (KIM). Saat ini, partai politik KIM terdiri dari Gerindra, Golkar, PAN, PBB, dan Gelora.


Pada Minggu (17/9) sore, AHY bersama Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bertemu dengan Prabowo serta elite partai politik KIM di Hambalang, Bogor, Jawa Barat. Pertemuan digelar tertutup selama sekitar tiga jam.

Usai pertemuan, anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat Syarief Hasan dan Ketua Dewan Kehormatan DPP Partai Demokrat Hinca Pandjaitan mengonfirmasi deklarasi dukungan kepada Prabowo akan segera disampaikan saat rapat pimpinan nasional (rapimnas) yang digelar pekan ini.

Adapun Partai Demokrat sebelumnya mendukung Anies Baswedan bersama NasDem dan PKS di Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP). Namun, Anies menggandeng Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) sebagai bakal calon wakil presiden.

Keputusan itu disebut-sebut tak melalui diskusi dengan Demokrat dan PKS. Demokrat merasa dikhianati dan memutuskan hengkang dari koalisi. Kini, arah koalisi Demokrat menuju ke Prabowo.

Direktur Eksekutif Aljabar Strategic Arifki Chaniago mengatakan jaringan yang dimiliki Partai Demokrat bisa berdampak pada perolehan suara Prabowo di Pilpres 2024. Menurutnya, Demokrat bisa mengkapitalisasi loyalis Demokrat yang merasa kecewa dengan keputusan Anies memilih Cak Imin sebagai pendamping.

Namun, kata dia, ada catatan tersendiri bagi Demokrat terkait hal ini. Menurut Arifiki, Demokrat tak bisa terlalu diandalkan untuk mendulang suara di Jawa Timur dan Jawa Tengah.

"Tapi tantangannya apakah bisa secara langsung, misal beberapa wilayah yang pemilihnya dekat dengan Anies dan juga dengan Prabowo," ujarnya.

Sumber : cnnindonesia.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال