Mengenal Apa Itu Ekonomi Kreatif dan Elemen Didalamnya

Hasil Kreativitas Produk Ekonomi Kreatif. Foto/harmony

POSSINDO.COM, Ragam -Ekonomi kreatif merupakan sektor ekonomi yang menitik beratkan pada kegiatan dan industri yang memadukan kreativitas, keahlian, dan nilai-nilai budaya untuk menghasilkan produk dan jasa yang bernilai tambah ekonomi. 

Hal ini melibatkan ekspresi kreatif, inovasi, dan penggunaan keterampilan khusus dalam menciptakan produk dan layanan yang memiliki unsur seni, desain, budaya dan kreativitas.

Ekonomi kreatif memiliki potensi ekonomi yang besar karena dapat menciptakan lapangan kerja, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan berkontribusi terhadap pembangunan sosial  budaya. Hal ini juga mendorong inovasi, kewirausahaan dan pertukaran budaya antar negara dan komunitas.

Di dalam membangun ekonomi kreatif terdapat beberapa elemen di dalamnya, dan yang menjadi elemen pokok ialah Manifestations of Creativity, nah untuk menjadi Manifestations of Creativity dobutuhkan emat elemen di bawah ini :

A. Human Capital

Sumber daya manusia merupakan modal kemajuan industri dengan unsur ilmu pengetahuan, sekolah serta sumber daya pendidikan  dan pelatihan formal.

B. Culture Capital

Mengembangkan ekonomi kreatif di bidang budaya  memperhatikan kecerdasan budaya sebagai ide dan inspirasi yang dapat diwujudkan dalam desain kuliner atau  periklanan.

C. Social Capital

Persaingan komersial mendorong  lebih banyak inovasi dan layanan yang lebih menarik atau  yang manfaatnya mungkin lebih dikenal atau diminati masyarakat luas.

D. Structural or Institutional Capital

Kreativitas dan ide menjadi modal untuk membangun industri yang dipadukan dengan observasi dan teknologi untuk membangun industri pendukung.

 

Sumber : kompasiana.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال