Pemasangan Bilah Pertama Istana Garuda IKN oleh Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo Saat Memasang Bilah Pertama Garuda di Kantor Presiden yang Berada di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Jumat (22/9/2023). Foto/Dok. Sekretariat Presiden
 
POSSINDO.COM, Nasional -Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau perkembangan pembangunan Kantor Presiden di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada Jumat (22/9/2023). Dalam kesempatan tersebut, Presiden memasang bilah pertama Garuda di Kantor Presiden.

Jokowi menyanjung progres pembangunan Istana Garuda. Dia menyebut proses pengerjaan lebih cepat dari jadwal yang ditargetkan.

"Progres kantor presiden yang ada di Ibu Kota Nusantara, September ini sudah 38 persen, dan 38 persen ini kita sudah mulai memasang bilah-bilah," kata Jokowi di IKN, Jumat (22/9).

Jokowi menjelaskan Istana Garuda bakal memiliki tinggi 77 meter. Gedung berbentuk burung Garuda itu akan terbentang sepanjang 177 meter di atas bukit.

Sebelumnya, pemerintah dan DPR sepakat memindahkan ibu kota negara ke IKN. Proses pemindahan ibu kota negara dimulai bertahap pada 2024 hingga 2045.

Saat ini, pemerintah sedang membangun sejumlah infrastruktur dasar. Selain Istana Garuda, ada pula sejumlah gedung kementerian dan lembaga negara. Ada pula pembangunan rumah-rumah menteri dan tempat tinggal aparatur sipil negara (ASN).

Kantor presiden di IKN akan berbentuk burung Garuda yang sedang mengepakkan sayap. Kompleks istana presiden di IKN didesain oleh seniman I Nyoman Nuarta.

Sumber : cnnindonesia.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال