Indonesia dan Ethiopia Bersinergi Tingkatkan Pasar Kopi Dunia

Dubes Ethiopia Saat Meninjau Produksi Kopi Indonesia di pabrik kopi PTPN IX, Senin (2/10/2023). Foto/tvOne/Aditya Bayu

POSSINDO.COM, Ekonomoi -Indonesia sebagai penghasil kopi terbesar ke 4 di dunia setelah Brasil, Vietnam dan Colombia. Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk bisa terus meningkatkan pasar kopi di dunia utamanya di wilayah eropa.

Berdasarkan laporan Statistik Indonesia 2023 dari Badan Pusat Statistik (BPS), produksi kopi Indonesia mencapai 794,8 ribu ton pada tahun 2022.

Direktur Pemasaran Holding Perkebunan, Dwi Sutoro mengatakan, saat ini produksi kopi di Indonesia 96 – 98 persen berasal dari petani. Sedangkan produksi PTPN selama ini kontribusinya hanya sebesar 2,5 persen.

Kita punya potensi besar untuk terus berkembang. Saat ini kita nomor 4 terbesar di dunia setelah Brasil, Vietnam dan Colombia. Dan kelima ada  Ethiopia, jadi kalau kita jalin kerjasama bisa menjadi kekuatan besar kopi di dunia," Imbuh Dwi Sutoro saat menjamu Duta besar Ethiopia.

Ditambahkan oleh Dubes  Ethiopia Prof Fekadu, jalinan kerjasama dengan Indonesia saat ini menjadi hal yang penting untuk Ethiopia.  

" Kerjasama ini bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi berbagai hambatan dalam Kegiatan ekspor kopi di pasar internasional. Sehingga sebagai sesama negara pengekspor kopi, masing- masing bisa mengupayakan proses pengolahan mutu kopi yang terbaik dan harga yang terbaik," imbuhnya.

Sumber : tvonenews.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال