Kecapi Terbesar di Dunia, Dayak Sa’ben Pecahkan Rekor Muri Dunia

Dayak Sa’ben di Festival Budaya IRAU ke-10 Sekaligus Perayaan HUT Kabupaten Malinau Ke-24 di Panggung Budaya Padan Liu Burung, Rabu (11/10/2023).Foto/DOK. Istimewa

 
POSSINDO.COM, Wisata, Seni dan Budaya -Masyarakat Adat Dayak Sa’ben berhasil memecahkan rekor MURI alat musik tradisional Kecapi terbesar di dunia pada pergelaran atraksi seni dan budaya Dayak Sa’ben di Festival Budaya IRAU ke-10 sekaligus perayaan HUT Kabupaten Malinau Ke-24 di Panggung Budaya Padan Liu.


Lembaga Adat Dayak Sa’ben Kabupaten Malinau berhasil pecahkan rekor MURI Dunia dengan Kecapi atau Sampe terbesar di dunia dengan ukuran panjang 6,8 meter dan lebar 80 cm.

Kecapi/Sampe ini dihadirkan saat pagelaran atraksi seni dan budaya Dayak Sa’ben pada IRAU ke- 10 dan HUT Kabupaten Malinau ke- 24, yang dilaksanakan di Panggung Budaya Padan Liu’ Burung, Rabu (11/10).

Wakil Gubernur Kalimantan Utara, Yansen TP mengatakan, kehadiran Dayak Sa’ben sebagai suatu entitas budaya dan etnis di kabupaten Malinau merupakan sesuatu yang harus dijaga. “Dan kini Sa’ban dengan keyakinannya, menunjukkan dirinya sebagai warga Malinau, mampu menunjukkan warna Malinau sebagai kabupaten yang hebat,” ucap Yansen yang juga merupakan salah satu tokoh dan panutan masyarakat Dayak Sa’ban.

Sumber : kompas.com

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال