2 Tokoh Wanita Indonesia yang Masuk Daftar Perempuan Berpengaruh di Dunia Versi Forbes

Beberapa tokoh perempuan yang dikenal berprestasi dan menginspirasi kembali masuk dalam deretan "100 Most Powerful Women 2022". Foto/kemenkeu.go.id
 
POSSINDO.COM, Tokoh -Indonesia patut berbangga karena prestasi tokoh-tokohnya di kancah internasional. Beberapa tokoh perempuan yang dikenal berprestasi dan menginspirasi kembali masuk dalam deretan "100 Most Powerful Women 2022" versi majalah Forbes yang diluncurkan pada Desember 2022 lalu.

Yup, setiap tahunnya majalah internasional itu memberikan penghargaan dan apresiasi tertingginya untuk perempuan yang memberi pengaruh positif di dunia. Melansir dari Forbes, terdapat empat faktor penting dalam penentuan daftar penghargaan tersebut yaitu uang, media, dampak, dan pengaruhnya terhadap lingkungan.

Lalu, siapa saja tokoh perempuan Indonesia yang masuk dalam deretan perempuan paling berpengaruh di dunia 2022 versi Forbes? Berikut

1. Sri Mulyani

Terpilihnya kembali Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani Indrawati dalam deretan perempuan paling berpengaruh di dunia 2022 versi Forbes ini merupakan yang ketiga kalinya.

Salah satu sosok perempuan yang menjadi inspirasi bagi kalangan anak muda di Indonesia ini masuk dalam urutan ke-47 untuk kategori politik dan kebijakan publik. Ia berhasil menyaingi sejumlah nama besar lainnya, seperti Taylor Swift dan Rihanna. 

Sebagai Menteri Keuangan RI, perempuan yang telah menoreh banyak prestasi mentereng dalam kariernya ini berhasil meningkatkan nilai PDB Indonesia sepanjang tahun 2022 yang tumbuh di angka Rp5.091,2 triliun pada triwulan II. Dilansir dari Badan Pusat Statistik (BPS), angka tersebut membuat pertumbuhan perekonomian Indonesia secara spasial mengalami peningkatan di seluruh provinsi. 

Bahkan, saat dunia dilanda pandemi COVID-19 pun perempuan lulusan ini pernah menyabet penghargaan Finance Minister of the Year for East Asia Pacific tahun 2020 oleh majalah Global Markets atas upayanya dalam penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia. Pada tahun 2021, Sri Mulyani menerima penghargaan prestisius Best Minister di World Government Summit atas upayanya dalam melaksanakan reformasi.

2. Nicke Widyawati

Tak hanya Menteri Keuangan Sri Mulyani, Direktur Utama Pertamina yakni Nicke Widyawati juga kembali terpilih masuk dalam deretan perempuan paling berpengaruh di dunia versi majalah Forbes 2022 lalu. Sama halnya dengan Sri Mulyani, ini juga menjadi kali ketiga baginya masuk dalam daftar penghargaan bergengsi tersebut bersama dengan perempuan hebat dunia lainnya.

Namun posisinya harus bergeser ke urutan ke-49, setelah sebelumnya berhasil masuk di urutan ke-25 pada tahun 2020 dan urutan ke-27 pada tahun 2021. Karena Pertamina adalah milik negara, penunjukkan Widyawati bergantung pada keputusan pemerintah Indonesia, dikutip dari Forbes.

Kendati demikian, dilansir dari CNN Indonesia, ia terpilih menjadi perempuan di Asia yang dinobatkan sebagai salah satu dari 50 perempuan paling berpengaruh di dunia versi Fortune Media. Bahkan, Nicke menjadi satu-satunya perempuan dari Indonesia dan negara ASEAN yang masuk dalam daftar Most Powerful Woman Internasional, lho, Beauties.

Sumber : beautynesia.id

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال