Jokowi Beri Empat Pesan Kepada Pemda, Soroti Rendahnya Resapan Anggaran Tahun 2023

Presiden Joko Widodo (Jokowi) Soroti Rendahnya Angka Realisasi Anggaran 2023. Foto/Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia

POSSINDO.COM, Ekonomi -Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyoroti rendahnya angka realisasi anggaran 2023. Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mencatat serapan anggaran daerah tahun ini baru mencapai 64 persen, sedangkan pusat 74 persen.

Jokowi menyebut sudah sering mengingatkan sejak awal pemerintahannya agar realisasi anggaran dipercepat. Jangan melulu dihabiskan di ujung tahun.

"Sejak awal sembilan tahun yang lalu saya ingin mengubah ini. Tapi ternyata saya cek lagi masih memang mengubah cara kerja mengubah mindset tidak mudah," papar Jokowi.

Presiden Jokowi menyampaikan empat pesan. Pertama, meminta pemerintah daerah, kementerian/lembaga menggunakan anggaran yang telah diberikan secara disiplin, teliti dan tepat sasaran. Kedua, mengendepankan transparansi dan akuntabilitas.

"Jangan membuka celah sedikit pun untuk penyalahgunaan anggaran berkaitan dengan korupsi apalagi, tutup celah itu," ucap dia.

Ketiga, pemerintah daerah, kementerian/lembaga secepatnya melakukan realisasi anggaran sejak Januari 2024. Keempat, mengantisipasi ketidakpastian global dengan melalukan penyesuaian yang diperlukan.

"Harus lincah terhadap perubahan perubahan yang ada. Begitu ada perubahan segera lincah berubah," ucap Kepala Negara.

Sumber : metrotvnews.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال