Bayam Hingga Ubi Jalar, Simak 6 Makanan ini Dapat Bantu Perbaiki Fungsi Ginjal

Ginjal adalah Organ Vital dalam Tubuh yang Berfungsi Sebagai Organ Ekskresi. Foto/mayapadahospital.com

POSSINDO.COM, Ragam -Ginjal adalah organ vital dalam tubuh yang berfungsi sebagai organ ekskresi, ginjal akan menyaring hasil metabolisme tubuh yang berada dalam darah dan akan membuang hasil metabolisme yang tidak diperlukan tubuh melalui proses pembentukan urine.

Mengingat kondisi ginjal yang mungkin sudah tidak lagi seperti semula, makanan yang disantap disarankan yang memiliki manfaat dalam membuang limbah metabolisme dan tidak memperberat kinerja ginjal itu sendiri, contohnya apel hingga ubi jalar.

Berikut beberapa makanan terbaik untuk perbaiki fungsi ginjal dilansir dari kompas.com

 

1. Apel

 

Apel adalah sumber pektin yang baik dan tinggi serat larut. Nutrisi ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan glukosa.

 

2. Bluberi

 

Bluberi juga merupakan sumber serat dan vitamin C yang rendah kalori. Penelitian mengatakan, konsumsi bluberi secara rutin dapat melindungi seseorang dari risiko kanker, penyakit jantung, meningkatkan kesehatan otak hingga fungsi ginjal.

 

Secara umum, ada pula beberapa jenis buah beri lain yang bermanfaat untuk ginjal, seperti cranberi, stroberi, raspberi, dan buah beri lainnya.

 

3. Ikan

 

Terutama pada jenis ikan tertentu seperti salmon, mackerel, tuna, herring, dan sarden kaya akan asam lemak omega-3. Ini adalah nutrisi penting untuk mengontrol pembekuan darah dan membangun membran sel di otak.

4. Kale

Jenis sayuran berdaun hijau gelap ini juga memiliki kandungan vitamin K, yang merupakan pengencer darah alami yang bisa meringankan dan membantu memperbaiki fungsi ginjal.

5. Bayam

Bayam kaya akan vitamin A, C, dan K serta folat. Lalu kandungan beta-karoten yang ditemukan pada bayam membantu meningkatkan kekebalan dan melindungi penglihatan. Kandungan ini juga merupakan sumber magnesium yang baik dan bermanfaat positif bagi kesehatan ginjal.

6. Ubi jalar

Ubi jalar kaya akan serat, antioksidan, beta-karoten dan vitamin C yang dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan dan mengelola berat badan.

Sumber : kompasa.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال