Penuhi Hak Kesehatan Masyarakat, Layanan Dinkes Jangkau Desa

 
Petugas Kesehatan dari Dinkes Pulang Pisau saat melakukan pemeriksaan Kesehatan pada masyarakat. Foto/IST 

POSSINDO.COM, Pulang Pisau – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulang Pisau saat ini terus memperkuat pelayanan kesehatan di daerah pelosok, dengan menghadirkan posyandu. Layanan kesehatan tersebut diharapkan akan lebih mudah diakses oleh masyarakat. Sebab, setiap tenaga kesehatan (nakes) akan turun langsung ke desa-desa untuk memberikan layanan kesehatan yang prima.

Diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pulang Pisau, dr Pande Putu Gina pihaknya terus berkomitmen dalam menghadirkan layanan Kesehatan agar bisa merata ke pelosok daerah. Terlebih Pulang Pisau dengan 8 Kecamatan yang ada memiliki perbedaan geografi jangkauan layanan.

“Misalkan seperti di Desa Kiapak dan Desa Cemantan yang ada di Kecamatan Kahayan Kuala dan di Desa Hambawang dan desa Bakau pada Kecamatan Sebangau Kuala, itu masuk wilayah pesisir. Maka layanan Kesehatan yang diberikan melalui jalur akses Sungai,” ungkap dr Pande.

Untuk daerah pesisir dengan menggunakan speed boat dan perahu dikatakan Kadinkes ini lagi sudah umum digunakan tenaga Kesehatan (Nakes) di wilayah pesisir. Diharapkan dengan Upaya tersebut mampu menjangkau semua lapisan Masyarakat.

Hadirkan Puskesmas Keliling

Dalam memastikan pelayanan Kesehatan diterima merata pada masyarakat di daerah terpencil, dr Pande menyampaikan jika pihak Dinas Kesehatan Pulang Pisau sudah memberlakukan layanan pusat kesehatan (Puskesmas) keliling yang dilakukan setiap bulan.
 
Sejumlah Nakes dari Dinas kesehatan Pulang Pisau saat melakukan kunjungan ke wilayah terpencil dan mendapat sambutan hangat masyarakat. Foto/IST

“Biasanya akan menghadirkan pelayanan dokter spesialis sesuai kebutuhan yang di daerah itu. Untuk program ini kami bekerja sama dengan RSUD Pulang Pisau. Umumnya yang beberapa kali turun seperti dokter spesialis anak, spesialis penyakit dalam, dokter bedah untuk tindakan operasi sederhana dan dokter obgyn. Sehingga layanan Tingkat bawah juga bisa dijangkau ,” terang dr Pande.

Kehadiran Puskesmas keliling disampaikan dirinya tidak saja di daerah pesisir namun juga merata di tiap kecamatan menyesuaikan dengan kebutuhan layanan. Nantinya setiap pelaksanaan program akan dilakukan evaluasi untuk mengukur efektifitas layanan, sehingga bisa terus meningkat.

“Seperti belum lama tadi Puskesmas Sebangau Kuala telah melaksanakan kegiatan Puskesmas keliling di dua dusun terpencil di Kecamatan Sebangau Kuala. Yakni Dusun Lumpur dan Dusun Sampang. Kegiatan berupa pelayanan kesehatan umum, pelayanan KB, pelayanan Posyandu, pelayanan dan pelayanan USG. Semua Masyarakat disana senang atas kehadiran nakes disana,” ujar dr Pande.


Mampu Cegah Ancaman Pandemi

Sebagai upaya maksimal dalam pelayanan Masyarakat, kehadiran tenaga Kesehatan hingga kepelosok menjadi sesuai hal yang penting. Terutama dalam mencegah terjadinya wabah atau serangan penyakit yang bisa berakibat pandemi. Hal tersebut disampaikan Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Pulang Pisau, dr Jamil Muslim.
 
Layanan Puskesmas Keliling dengan jalur sungai menjadi salah satu andalan Dinkes Pulang Pisau dalam menjangkau Pasien. Foto/IST

“Nakes yang tersebar di Tingkat puskesmas tentu juga terus berperan penting dalam Upaya pencegahan dari berbagai penyakit yang ada. Misalkan ancaman DBD, diare dan penyakit lainnya. Dengan adanya layanan Kesehatan di pelosok -pelosok daerah akan dengan mudah kita membaca data-data gejala yang ada sehingga pencegahannya juga bisa cepat dilakukan,” ungkapnya. (LP/Sam)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال