Persediaan Obat Untuk Puskesmas di Pulang Pisau Masih Mencukupi

  
Kepala Dinas Kesahatan Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah dr Pande Putu Gina. Foto/Possindo

POSSINDO.COM, Pulang Pisau – Demi mendukung pelayanan prima pada puskesmas yang ada di Pulang Pisau, Dinas kesehatan Pulpis selalu memastikan agar persediaan obat-obatan bisa tercukup. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesahatan Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah dr Pande Putu Gina pada Selasa (23/04/2024) tadi.


“Jadi hingga hari ini perserdiaan dan stok obat untuk di setiap Puskesmas kabupaten setempat masih terpenuhi sesuai dengan kebutuhan masyarakat, terkecuali untuk obat-obatan bersifat tertentu," kata Pande Putu Gina.

Dikatakan dirinya lagi salah satu upaya yang mereka lalukan dinkes yakni dengan melebihkan stok obat yang diminta oleh Puskesmas. Umumnya dikatakan dr Pande ada beberapa Puskesmas yang memiliki kebutuhan obat yang berbeda dengan Puskesmas lain.
 
Puskesmas Jabiren yang sekarang telah menjadi BLUD diharapkan bisa mandiri terutama dalam penyediaan stok obat. Foto/Puskesmas Jabiren

“Hal tersebut berdasarkan kebutuhan pelayanan kesehatan dimasyarakat. Misalkan di daerah pesisir Bahaur itu ada obat-obat tertentu yang di stoknya lebih banyak dibanding wilayah Puskesmas yang ada di wilayah kecamatan atas,” ungkapnya.

Meski begitu dikatakan dr Pande pihaknya juga kerap menemui kendala dalam memenuhi kebutuhan obat dalam situasi tertentu. Misalkan terkendala dari perusahaan farmasi penyedia obat. Sebab terkadang perusahaan farmasi juga kehabisan stok obat.

“Sebagai solusi lainnya kita mendorong agar Puskesmas yang sudah menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) untuk pengadaan obat sendiri. Seperti yaitu Puskesmas Bereng dan Puskesmas Jabiren yang sudah menjadi BLUD. Nah puskesmas lain kita dorong juga agar bisa mandiri dan menjadi BLUD kedepannya,” ungkapnya. (Sam)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال