Dongkrak Produksi Ikan Melalui Pemanfaat BBI

 

Kepala Dinas Perikanan Pulang Pisau, Yudady. Foto/IST

POSSINDO.COM, Pulang Pisau - Untuk mendongkrak produk unggulan daerah, kepala Dinas Perikanan Pulang Pisau, Yudady berencana akan menggenjot produksi bibit ikan melalui Balai Benih Ikan (BBI) yang ada di Desa Gohong.

Dikatakan Yudady, saat ini BBI sudah memiliki beberapa fasilitas kolam yang memadai seperti kolam induk, kolam pemijahan, kolam pembesaran. Selain itu beberapa tenaga tehnis pemijahan ikan pun sudah dilatih.

“Kita sudah punya balai benih ikan atau BBI di desa Gohong, tentu itu bisa menjadi modal untuk menggenjot produksi benih ikan. Bisa itu untuk pengembangan ikan lokal seperti benih papuyu, gabus atau jenis ikan lain menyesuaikan dengan kebutuhan benih,” terang Yudady Senin (06/5/2024) tadi.

Untuk bisa mencapai tujuan tersebut dikatakan Yudady diperlukan beberapa persiapan, seperti sumber daya manusia yang paham akan tehnis pembenihan dan rekayasa benih. Selain itu juga harus dilakukan pembenahan pada kolam-kolam yang ada agar sesuai dengan kebutuhan.

“Nanti akan berproses lah, yang pasti ada keinginan besar kita untuk mendorong pengembangan benih ikan di BBI. Karena prospeknya sangat bagus, baik untuk memenuhi kebutuhan kelompok pembudidaya lokal maupun juga untuk dijual ke luar Pulang Pisau, sehingga bisa menjadi PAD juga,” ungkapnya. (Sam)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال