Dua Desa di Kabupaten Balangan Jadi Percontohan Program Desa Tangguh Bencana

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan saat Menggelar Sosialisasi FGD dan Simulasi Pembentukan Destana, mulai Senin, 20 Mei 2024 s.d Selasa, 21 Mei 2024.  Foto/IST

POSSINDO.COM, Balangan -Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan menjadikan Desa Galumbang di Kecamatan Juai dan Desa Baruh Panyambaran di Kecamatan Halong sebagai desa percontohan dalam pembentukan dan pelaksanaan program Desa Tangguh Bencana (Destana). 

Penetapan Desa Galumbang dan Desa Baruh Panyambaran sebagai Desa Tangguh Bencana (Destana) ditetapkan dalam Sosialisasi FGD dan Simulasi Pembentukan Destana di Kabupaten Balangan Tahun 2024 yang digelar oleh BPBD Balangan.

Kegiatan pembentukan Destana ini dihadiri oleh narasumber dan pemateri dari Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Selatan, Raden Suria Fadliansyah dan Kassubid Kesiapsiagaan BPBD Provinsi Kalimantan Selatan, Ariansyah.

Adapun peserta kegiatan diikuti oleh Aparat Desa Galumbang Kecamatan Juai, Aparat Desa Baruh Penyambaran Kecamatan Halong, BPD Desa Galumbang, BPD Desa Baruh Penyambaran, TP PKK Desa Galumbang, TP PKK Desa Baruh Penyambaran, Tokoh Masyarakat Desa Galumbang, Tokoh Masyarakat Desa Baruh Penyambaran, Linmas Desa Galumbang, dan Linmas Desa Baruh Penyambaran 

Kepala Pelaksana BPBD Balangan H Rahmi, melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Jumaidil Hairi mengungkapkan, Desa Galumbang dan Desa Baruh Penyambaran resmi menjadi Desa Percontohan dalam Pembentukan dan pelaksanaan Program Desa Tangguh Bencana di Kabupaten Balangan. 

"Pembinaan Desa Tangguh Bencana secara berkelanjutan akan dilakukan oleh BPBD Balangan kepada Desa Galumbang dan Desa Baruh Penyambaran," ungkapnya, Senin (20/05/2024).

Sementara itu, adapun kelengkapan administrasi yang diperlukan Desa sebagai legalitas terbentuknya Desa Tangguh Bencana akan difasilitasi pembuatannya oleh BPBD Balangan.(Wahid)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال