Gali Potensi Wisata di Kabupaten Barito Utara dengan Optimalisasi dan Promosi

Anggota DPRD Kabupaten Barito Utara, Edi Fran Aji. Foto/IST

POSSINDO.COM, Barito Utara -Anggota DPRD Kabupaten Barito Utara, Edi Fran Aji, menekankan pentingnya perhatian pemerintah terhadap persiapan Sumber Daya Manusia (SDM) tenaga kerja lokal di wilayah tersebut.

Menurutnya, perkembangan Kalimantan Tengah, khususnya Barito Utara, akan mengalami dampak besar dengan adanya pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur. Hal ini diperkirakan akan menarik banyak investor untuk menanamkan modal dan mendirikan perusahaan-perusahaan baru.

"Kita harus mempersiapkan SDM tenaga kerja untuk mendukung perkembangan ini. Pemerintah dapat menyelenggarakan berbagai kegiatan pelatihan yang akan menjadi bekal bagi SDM kita," ucapnya, Rabu (08/05/2024).

Lebih lanjut, ia mengingatkan agar pesatnya pembangunan dan investasi di wilayah ini tidak membuat SDM lokal hanya menjadi penonton karena kalah bersaing. Oleh karena itu, pemerintah perlu meningkatkan program pelatihan secara signifikan.

"Program pelatihan tersebut harus dapat menjangkau masyarakat atau SDM tenaga kerja di pedesaan, bukan hanya di wilayah tertentu saja, agar SDM kita baik di kota maupun di desa memiliki kualitas yang setara," tambahnya.

Ia meyakini bahwa jika SDM tenaga kerja lokal di Kalimantan Tengah memiliki kualitas yang baik, mereka akan mampu bersaing di dunia kerja dan meningkatkan perekonomian serta kesejahteraan masyarakat.(Wan)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال