Kiat Jaga Kesehatan Untuk Pertahankan Kebugaran

Olahraga dapat menjaga kebugaran dan metabolisme tubuh, membakar kalori maupun lemak ikut sehingga dianjurkan dilakukan secara rutin. Foto/Net

POSSINDO.COM, Pulang Pisau – Kesehatan adalah Aset penting dan tak ternilai harganya. Karena alasan itu pula, banyak orang yang rela melakukan apa saja agar tubuh tetap sehat dan bugar. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pulang Pisau, dr. Pande Putu Gina memiliki beberapa tips agar kondisi tetap prima dan sehat hingga di usia senja.

“Terdapat empat hal yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan diri. Yaitu dengan upaya 4C. C yang pertama adalah Cukup Tidur, dengan ketentuan minimal tidur 6-8 jam perhari. C yang kedua yaitu Cukup Olahraga, Olahraga perlu dilakukan secara teratur 3-5 kali dalam seminggu, dengan total waktu 150 menit,” terang dr Pande.
 
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pulang Pisau, dr. Pande Putu Gina. Foto/IST

Dilanjutkan dirinya C yang ketiga yaitu cukup Makan, dengan anjuran konsumsi makanan bergizi seimbang dan mengandung cukup protein, sayur, buah, dan karbohidrat, serta menghindari terlalu banyak makan Snack berupa camilan. Selanjutnya C yang terakhir adalah Cukup Minum, sesuai anjurannya minum air mineral, kurangi minum kopi dan minuman manis atau minuman berenergi,” kata dr Pande.

Kemudian dr Pande Putu Gina juga menyampaikan bahwa dinas Kesehatan bersama Puskesmas juga rutin melakukan kegiatan senam bersama sebagai upaya menjaga kebugaran tubuh. Untuk itu masyarakat menurutnya bisa saja memanfaatkan senam bersama pada puskesmas terdekat.

Hindari Stres dan Makanan Sachet

Sementara itu, direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pulang Pisau dr Muliyanto Budihardjo menyampaikan jika ingin mempertahan kesehatan dalam jangka panjang maka kebiasaan hidup sehat juga harus dipertahankan.
 
Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pulang Pisau dr Muliyanto Budihardjo. Foto/IST

“Misalkan dengan berusaha menghindari stres berlebih. Baik itu urusan pekerjaan atau urusan lainnya. Jadi bisa-bisa mengatur waktu antara bekerja dan istirahat, karena kegiatan berlebih juga tidak baik,” ungkap dr Mul.

Kemudian dirinya juga mengimbau agar menghindari konsumsi berlebih makanan sachet yang memiliki kandungan olahan atau zat-zat yang tidak baik bagi tubuh. Dirinya menyarankan untuk memperbanyak makanan olahan yang alami, berupa buah sayuran. (Lp/Sam)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال