Lesatarikan Budaya untuk Generasi Penerus, Bupati Balangan Apresiasi Festival Budaya Meratus 2024

Festival Budaya Meratus 2024 yang digelar di Desa Kapul, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan. Jumat, (24/05/2024). Foto/IST

POSSINDO.COM, Balangan –Bupati Kabupaten Balangan, Abdul Hadi mengikut sekaligus membuka acara Festival Budaya Meratus 2024 di Desa Kapul.

Acara diawali dengan prosesi "Tapung Tawar" oleh Kepala Adat Dayak Halong, Gupen, kemudian disusul dengan penampilan tari dari Sanggar Seni Wadian Tambai. Acara berlangsung meriah dengan menampilkan berbagai pertunjukan budaya adat asli suku Dayak setempat.

Momen ini juga dimanfaatkan sebagai ajang promosi dalam memperkenalkan keunikan budaya lokal serta berbagai ritual adat yang belum banyak diketahui khalayak.

Abdul Hadi sangat mengapresiasi masyarakat yang turut berpartisipasi pada gelaran festival dalam mencakup semua golongan usia, dari yang muda sampai dengan anak-anak.

Menurutnya, partisipasi semua golongan usia baik yang muda bahkan anak-anak ini merupakan langkah strategis untuk menjaga keberlanjutan dan kelestarian adat. 

"Kalangan muda itu yang akan melanjutkan di masa-masa mendatang dan insya allah mereka akan mewariskan pula kepada generasi berikutnya,"ungkapnya, Jumat (24/05/2024).

"Festival ini menjadi salah satu wujud nyata dari komitmen kita semua untuk terus menjaga dan mempromosikan budaya Meratus," tambahnya. 

Adapun pada festival tersebut juga menyediakan berbagai cendera mata, salah satunya Anyaman Tirik Pambelum yang merupakan sulapan tangan dan ciri khas dari warga Desa Kapul.(Wahid)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال