Nakes Di Wilayah Terpencil Adalah Garda Terdepan Pelayanan Kesehatan

  
Sejumlah Nakes dari Puskesmas Bahaur Hilir saat melakukan pelayanan kesehatan ke daerah Cemantan yang merupakan kawasan pesisir pantai. Foto/IST

POSSINDO.COM, Pulang Pisau – Keberadaan Tenaga kesehatan di daerah terpencil memiliki peran dan banyak tanggung jawab tanggung jawab yang besar. Salah satunya adalah melakukan pelayanan untuk pasien yang memang sulit mendapatkan layanan medis kekota karena terpaut jarak hingga waktu tempuh yang lama. Dikatakan kepala Dinas Kesehatan Pulang Pisau, dr Pande Putu Gina pihaknya sangat konsen untuk penanganan masalah tersebut.

“Tentu belum semua masyarakat di Pulang Pisau, khususnya yang berada diwilayah terjauh seperti pesisir bisa menikmati pelayanan kesehatan yang maksimal. Hal itu karena mereka kesulitan untuk mengakses pelayanan kesehatan. Kondisi geografi, transportasi dan akses komunikasi jadi kendala disana. Sehingga memang Pelayanan kesehatanlah yang harus mendekat,” ungkap dr Pande.

Dikatakan dirinya, berbagai upaya Pemerintah Daerah melalui Dinkes dalam beberapa tahun sudah melakukan berbagai cara untuk memenuhi tenaga kesehatan diwilayah terjauh. Mulai dari membuka peluang dalam rekrutan ASN hinga meminta tambahan nakes melalui program Nusantara Sehat (NS).
 
Kepala Dinas Kesehatan Pulang Pisau, dr Pande Putu Gina. Foto/IST

“Jadi memang kalau perekrutan CPNS biasanya daerah yang jauh -jauh seperti pesisir itu kita masukan dalam kouta. Kebutuhan disana nakesnya apa, namun memang kendalanya tidak semua tenaga nakes berminat. Karena letaknya yang jauh dan berbiaya mahal kesana,” ungkap dr pande.

Untungnya dengan adanya program penempatan nakes ke daerah dari Kemenkes, seperti program Nusantara Sehat (NS), program penugasan nakes khusus dan program lainnya dianggap sangat membantu daerah untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik.

Tambahan Insentif dan Reward Bagi Nakes Berprestasi

Dikatakan Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Kesehatan (PSDK) Dinas Kesehatan Pulang Pisau, Lambang Suncoko tentu bagi nakes yang bertugas di wilayah terpencil akan mendapatkan fasilitas dan insentif tambahan. Hal itu untuk memenuhi kebutuhan dalam menjalankan tugas kerja.
Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Kesehatan (PSDK) Dinas Kesehatan Pulang Pisau, Lambang Suncoko.Foto/IST

“Kemudian juga ada pemilihan nakes berprestasi dari daerah. Akan dipilih yang nakes yang punya prestasi dalam mengemban tugas sebagai nakes,” ujar Lambang.

Dengan pemilihan Nakes berprestasi itu akan menjadi motivasi supaya Tenaga Kesehatan di Kabupaten Pulang Pisau mempunyai sikap yang profesional, disiplin, kreatif, serta dapat memegang teguh etika profesinya sesuai dengan instruksi bupati karena nakes yang melayani masyarakat merupakan garda terdepan dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kabupaten Pulang Pisau.

“Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau melalui Dinas Kesehatan kedepan akan terus melakukan upaya peningkatan kualitas kesehatan, yaitu dengan perbaikan infrastruktur kesehatan, peningkatan kualitas pelayanan kesehatan dan peningkatan kapasitas sumber daya kesehatan. Sehingga mutu dan kualitas kesehatan kepada masyarakat diharapkan semakin lebih baik,” ungkapnya. (Lp/Sam)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال