Pengurangan Sampah Lewat Daur Ulang

Sejumlah Petugas Kebersihan tengah mengangkut sampah dan hendak memindahkan ke TPA. Foto/IST

POSSINDO.COM, Pulang Pisau – Saat ini Pemerintah Daerah Kabupaten Pulang Pisau melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pulang Pisau terus mengkampanyekan, dan mensosialisasikan pentingnya mengurangi penggunaan kantong kemasan sekali pakai atau plastik ke masyarakat. Dan, mengajak untuk mendaur ulang sampah sebelum dibuang ke Tempat Pembuangan Sementara (TPS).

Dikatakan Kepala DLH Pulang Pisau, Hendri Arroyo pada Jumat (03/5/2024) tadi jika upaya yang dilakukan pihaknya bertujuan untuk memasifkan program pemilahan sampah dari rumah oleh masyarakat. Hal tersebut tentunya sebagai dorongan guna memulai kebiasaan baru masyarakat dalam kepedulian terhadap lingkungan.

“Jadi upaya mengurangi sampah plastik, dan pemilahan sampah dari rumah juga menuai respon positif dari berbagai pihak hingga masyarakat. Seperti dari usulan Musrenbang tingkat kecamatan Kabupaten Pulang Pisau yang menginginkan tersedianya TPS di setiap desa,” ungkapnya.

Sehingga saat ini cukup banyak permintaan desa yang menginginkan tersedianya TPS dan tempat sampah. Hal itu bertujuan untuk menjaga kebersihan lingkungan dan keindahan kota kecamatan. Sebagai tindak lanjut DLH setempat juga berencana mengkoordinasikan usulan tersebut ke Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kalimantan Tengah.

” Tujuannya agar bisa segera dibuatnya TPST atau TPS 3R. Tetapi dengan catatan, pihak kecamatan atau desa harus menghibahkan tanah desa dengan kualifikasi tanah yang bersertifikat,”ungkap Hendri. (Sam)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال