Upaya DPMDes Mendorong Aktifnya Bumdes

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Pulang Pisau Herman Wibowo.Foto/IST

POSSINDO.COM, Pulang Pisau – Belakangan terjadinya penurunan keaktifan kegiatan Badan Usaha Milik Desa ( Bumdes). Di katakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Pulang Pisau Herman Wibowo dari yang dulunya ada sekitar 80 BUMDes yang aktif, sekarang terjadi penurunan hingga ke 34an Bumdes yang aktif.

“Sekarang kita masih petakan Bumdes mana saja yang aktif dan mana yang tidak jalan. Kemudian apa penyebabnya dan nanti kita akan sama-sama cari solusi serta lakukan pendampingan untuk mendorong kembali supaya aktif dan memberikan manfaat bagi desa,”ungkap Herman Wibowo Pada Kamis (02/5/2024) tadi.

Ketika ditanya penyebab ketidakaktifan Bumdes, kadis murah senyum ini menyebut jika sumber daya manusia (SDM) menjadi salah satu persoalan mendasar tidak berkembangnya Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Dibeberapa desa menurutnya pengurus Bumdes masih kesulitan dalam memanajemen usaha yang ada dengan mengikuti jukni aturan yang tersedia.

“Padahal dari segi pendanaan Bumdes itu sudah tersedia. Kemudian badan hukum juga sudah ada. Namun memang dalam memanajemen dan pemetaan usaha yang jadi problem. Tentu ini akan menjadi perhatian kita bersama,” ungkapnya.

Pihaknya pun kini sudah melakukan berbagai upaya dalam mendorong agar Bumdes bisa kembali eksis dengan mengangkat potensi yang ada di desa masing-masing. Mulai dari mengikutsertakan pelatihan, memberangkatkan kaji banding hingga meminta pendampingan dari Layanan Konsultasi dan Pendampingan Badan Usaha Milik Desa (LKP Bumdesa). (Sam)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال