6 Ide Masakan Daging Kurban Idul Adha 1445 H

Moment Hari Raya Idul Adha Ini Tak Lupa untuk Mengidangkan Suatu Masakan dari Daging-Daging Kurban. Foto/Instagram/@masakanserbaindonesia by Marsha Ayu

POSSINDO.COM, Ragam -Umat Islam Indonesia melakukan perayaan Idul Adha 1445 H pada 17 Juni 2024. Diawali dengan gema takbir mulai malam harinya, muslim akan melaksanakan salat Id di pagi hari dan menyembelih hewan kurban setelahnya.

Sebagaimana diketahui, daging kurban tidak hanya dinikmati oleh shohibul qurban. Daging kurban akan dibagi-bagi ke orang lain, terutama kalangan fakir atau miskin. 

Moment ini tak lupa untuk mengidangkan suatu masakan dari daging-daging kurban. Berikut beberapa ide olahan maskan untuk daging kurban :  

1. Sup Daging

Para penikmat sup jangan sampai terlewat dengan olahan masakan ini. Sup daging bisa disantap selagi hangat bersama nasi.

2. Masakan Kari

Kari daging sapi adalah hidangan tradisional yang kaya akan cita rasa dan aroma rempah. Berasal dari berbagai budaya Asia, kari ini memadukan daging sapi yang empuk dengan bumbu-bumbu khas seperti kunyit, ketumbar, jintan, dan kayu manis, menciptakan rasa yang dalam dan kompleks. Daging sapi dipotong menjadi potongan-potongan kecil, kemudian dimasak perlahan dalam kuah santan yang kental hingga meresap sempurna. Sangat cocok dinikmati di momen Idul Adha.

3. Semur Sapi

Selain satai, daging sapi juga dapat diolah menjadi semur. Semur sapi merupakan salah satu masakan favorit di Indonesia.

Sekilas, semur memang mirip rendang, tapi sebenarnya beda. Semur daging lebih berkuah. Bumbunya juga tidak sepekat rendang. Masakan ini cocok jadi menu makan bersama keluarga.

4. Rendang Sapi

Rendang adalah salah satu masakan khas Minang dari daging sapi yang sudah melegenda di Tanah Air. Masakan ini bisa jadi inspirasi saat kamu kebingungan mengolah daging kurban.

Kamu perlu menyiapkan daging sapi dan dimasak agar empuk, lalu ditambah bumbu-bumbu yang membuat masakan rendang jadi maknyus.

5. Dendeng Sapi

Ingin daging sapi kurban awet? Jika iya, kamu bisa membuatnya menjadi dendeng. Dendeng bisa bertahan hingga dua bulan.

Hal yang perlu kamu lakukan adalah menyiapkan daging sapi dan merebusnya supaya sampai empuk, lalu dipotong tipis.

Kemudian ditambah bumbu mau manis atau asam. Setelah itu, daging sapi dikeringkan dengan dengan cara dijemur. Sampai langkah ini, kamu sudah berhasil membuat dendeng dari daging sapi. Tinggal digoreng lalu disantap dengan nasi.

6. Tongseng Daging Sapi

Tidak hanya daging kambing, daging sapi juga bisa diolah menjadi tongseng. Ini bisa jadi inspirasi olahan daging kurban tahun ini.

Bagi penikmat daging sapi, tongseng daging sapi yang telah dibumbui dan ditambah rempah-rempah tentu saja akan menggugah selera.

Sumber : liputan6.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال