6 Manfaat Luar Biasa Rutin Beraktivitas Fisik

Aktivitas Fisik atau Olahraga adalah Investasi dalam Dirimu Sendiri. Hasilnya adalah Tubuh yang Kuat, Pikiran yang Jernih, dan Jiwa yang Bahagia. Foto/Hipwee

 
POSSINDO.COM, Ragam -Aktivitas fisik yang teratur, seperti jalan kaki, bersepeda, berolahraga, atau rekreasi aktif, memberikan manfaat yang signifikan bagi kesehatan.

Mengutip Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kurang aktivitas fisik merupakan salah satu faktor risiko utama kematian akibat penyakit tidak menular.

Orang yang kurang aktif memiliki peningkatan risiko kematian sebesar 20-30 persen dibandingkan dengan orang yang cukup aktif. WHO merekomendasikan orang dewasa melakukan aktivitas fisik 150 menit intensitas sedang dalam seminggu.

Apa manfaat aktivitas fisik rutin bagi kesehatan?

Disari dari Mayo Clinic dan Centers for Disease Control and Prevention (CDC), Anda bisa mendapatkan manfaat sebagai berikut, jika melakukan aktivitas fisik rutin:

1. Mengontrol berat badan

Manfaat aktivitas fisik rutin salah satunya adalah dapat membantu mencegah penambahan berat badan berlebih atau membantu Anda mempertahankan berat badan yang turun. Saat Anda melakukan aktivitas fisik, Anda membakar kalori. Semakin intens aktivitasnya, semakin banyak pula kalori yang terbakar.

2. Menguatkan tulang dan otot

Seiring bertambahnya usia, penting untuk melindungi tulang, sendi, dan otot Anda agar tetap berfungsi dengan baik. Mengangkat beban merupakan salah satu contoh aktivitas penguatan otot. Penguatan otot penting bagi semua orang, termasuk lansia yang mengalami penurunan massa otot. Meningkatkan jumlah beban dan mengulanginya secara perlahan adalah bagian dari latihan penguatan otot.

3. Mencegah penyakit kronis

Aktivitas fisik rutin juga bermanfaat membantu mencegah atau mengatasi banyak masalah kesehatan termasuk: Stroke Sindrom metabolik Tekanan darah tinggi Diabetes tipe 2 Depresi Kecemasan Banyak jenis kanker Radang sendi.

4. Meningkatkan mood

Aktivitas fisik menstimulasi banyak zat kimia di otak yang dapat membuat Anda merasa lebih bahagia, lebih rileks, dan mengurangi rasa cemas. Anda juga bisa mendapatkan manfaat aktivitas fisik berupa kepercayaan diri dan harga diri Anda yang meningkat. Hal tersebut karena Anda bisa merasakan penampilan dan diri Anda lebih baik ketika olahraga teratur.

5. Meningkatkan energi

Aktivitas fisik yang teratur dapat meningkatkan kekuatan otot dan meningkatkan daya tahan Anda. Olahraga mengirimkan oksigen dan nutrisi ke jaringan Anda dan membantu sistem kardiovaskular Anda bekerja lebih efisien. Ketika kesehatan jantung dan paru-paru Anda membaik, Anda memiliki lebih banyak energi untuk melakukan pekerjaan sehari-hari.

6. Meningkatkan kualitas tidur

Aktivitas fisik yang teratur dapat membantu Anda tertidur lebih cepat, tidur lebih nyenyak, dan tidur lebih nyenyak. Namun, jangan berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur, karena justru bisa mengganggu tidur Anda.

Sumber : kompas.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال