BPBD Balangan Beri Pelatihan Memadamkan Kebakaran dengan Penggunaan Alat Alkon untuk Linmas di 9 Desa

Pelatihan Memadamkan Kebakaran dengan Cara Pemakaian Mesin Alkon, berlangsung di Halaman Kantor Kecamatan Paringin Selatan. Foto/Humas BPBD Balangan

POSSINDO.COM, Balangan -Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan gelar pelatihan cara pemakaian mesin Alkon untuk pemadaman kebakaran.

Pelatihan ini ditargetkan untuk Linmas di sembilan desa serta satu Kelurahan di Kecamatan Paringin Selatan mengikuti kegiatan.

Dalam kesempatan tersebut BPBD Balangan sebagai pemateri memberikan pengetahuan secara teori dan praktik simulasi penggunaan mesin alkon untuk memaksimalkan pemadaman kebakaran di tingkat desa. 

Linmas sembilan desa dan satu Kelurahan yang mengikuti pelatihan tersebut adalah Desa Murung Jambu, Desa Maradap, Desa Binjai, Desa Halubau, Desa Baruh Bahinu Luar, Desa Murung Abuin, Desa Panggung, Desa Galumbang, Desa Tarangan, dan Kelurahan Paringin Selatan. 

Kepala Pelaksana BPBD Balangan, H Rahmi melalui Staf Teknisi Peralatan dan Mesin, Rudiansyah, mengatakan, pelatihan dasar penggunaan alat alkon untuk pemadaman kebakaran adalah proses pelatihan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan dasar tentang penggunaannya kepada individu atau kelompok dalam menangani kebakaran. 

"Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan keterampilan dalam hal keselamatan kebakaran dan penanganan awal kebakaran," ungkapnya, Rabu (19/06/2024). 

"Teknik-teknik penanganan kebakaran dasar, termasuk strategi evakuasi dan penggunaan alat alkon, prosedur keselamatan dalam situasi kebakaran dan cara mengurangi risiko yang terkait dengan kebakaran, serta praktik penggunaan alat alkon dalam situasi kebakaran," tambahnya. 

Ia mengharapkan, melalui pelatihan ini para linmas diharap mampu melaksanakan pencegahan dan penanggulangan kondisi kebakaran dan jangan panik, mampu mengevaluasi semua orang yang ada di dalam lokasi kebakaran dengan berbagai kondisi serta menggunakan teknik kerja yang tepat, dan mampu memadamkan api dengan level kebakaran dasar melalui alat alkon.(Wahid)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال