BPBD Balangan Peringati Warga Tingkatkan Kewaspadaan Terhadap Kebakaran dan Bencana Alam

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balangan, H Rahmi. Foto/IST

POSSINDO.COM, Balangan -Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan, H. Rahmi, memberikan peringatan penting kepada warga untuk selalu waspada terhadap potensi kebakaran di rumah masing-masing.

"Kami terus mengingatkan warga agar selalu waspada terhadap musibah kebakaran dan bencana alam lainnya yang bisa terjadi kapan saja," ungkapnya, Jumat (21/06/2024).

Peringatan ini datang setelah musibah kebakaran yang mengguncang warga Balangan, terutama di Kecamatan Paringin, pada malam Hari Raya Idul Adha lalu, yang menghanguskan sejumlah rumah warga.

Mengingat kejadian tersebut, Rahmi mengimbau warga untuk selalu waspada terhadap potensi bencana seperti kebakaran, tanah longsor, angin puting beliung, dan lainnya.

Dia menegaskan agar warga yang ingin meninggalkan rumah atau tidur memastikan bahwa kondisi rumah aman, terutama dengan memeriksa kompor.

"Jangan sampai karena keteledoran kita, musibah yang tidak diinginkan terjadi. Mari kita tingkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan guna mengantisipasi terjadinya musibah atau bencana," ujar Rahmi.

Rahmi juga memberikan beberapa tips kepada warga untuk menjaga keamanan rumah saat ditinggalkan atau ketika beristirahat, seperti memastikan mencabut alat elektronik yang tidak digunakan dari colokan listrik untuk menghindari korsleting, dan menyalakan lampu seperlunya.

Selain itu, penting untuk tidak meninggalkan kompor dalam keadaan menyala tanpa pengawasan, serta mencabut regulator dari tabung gas ketika meninggalkan rumah.

Terakhir, awasi penggunaan lilin dan lampu teplok saat pemadaman listrik, dan pastikan kondisi rumah aman sebelum ditinggalkan.(Wahid)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال