BPBD Kabupaten Balangan Kembali Pasang Dua Alat EWS di Dua Desa

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan Meninjau Langsung Lokasi yang Rencananya Akan Memasang Kembali Dua Perangkat Early Warning System (EWS). Foto/IST

POSSINDO.COM, Balangan -Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan akan memasang kembali dua perangkat Early Warning System (EWS) di Desa Mayanau, Kecamatan Tebing Tinggi, dan Desa Bata, Kecamatan Juai.

H Rahmi, Kepala Pelaksana BPBD Balangan, menyampaikan bahwa pemasangan alat EWS ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas penanganan dan pencegahan banjir.

"Dua perangkat ini merupakan dukungan dari Bupati Balangan dan upaya untuk memastikan kesiapsiagaan terhadap potensi banjir, sehingga dapat meminimalkan dampak yang ditimbulkan," ungkapnya, Senin (10/06/2024).

Sebelum pemasangan dilakukan, H Rahmi menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan koordinasi dan survei lapangan terkait rencana pemasangan alat EWS ini. Kesepakatan telah dicapai antara pemerintah desa, masyarakat, dan BPBD Balangan.

"Dua lokasi ini dipilih karena strategis, berada di pertemuan dua sungai, yaitu Sungai Pitap dan Sungai Balangan, yang dapat memberikan indikator terhadap potensi bencana banjir," jelasnya.

H Rahmi menambahkan bahwa sebelumnya, BPBD Balangan telah memasang dua alat EWS bantuan dari Pemerintah Provinsi melalui BPBD Kalsel. Ia berharap alat EWS yang akan dipasang ini nantinya bisa berfungsi optimal dengan dukungan dari pihak kecamatan dan desa.(Wahid)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال