Ketua DPRD Seruyan Imbau Pemdes Bantu Masyarakat Lengkapi Administrasi Kependudukan

Ketua DPRD Kabupaten Seruyan, Zuli Eko Prasetyo. Foto/IST

POSSINDO.COM, Seruyan -Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan, Zuli Eko Prasetyo, mengimbau seluruh Pemerintah Desa (Pemdes) di wilayah Seruyan untuk berperan aktif dalam membantu masyarakat melengkapi dokumen administrasi kependudukan.

"Saya meminta seluruh Pemdes di Seruyan untuk turut membantu warga masyarakatnya melengkapi administrasi kependudukan, karena saat ini segala sesuatu memerlukan data," ungkapnya, Selasa (19/06/2024).

Menurutnya, kemungkinan masih ada masyarakat di Seruyan, terutama di desa-desa terpencil, yang membutuhkan bantuan dari pemerintah desa untuk melengkapi dokumen kependudukan.

"Kemungkinan hal ini terjadi karena ketidakpahaman atau ketidaktahuan mereka, sehingga menjadi kendala utama dalam mengurus dan membuat dokumen administrasi kependudukan. Selain itu, faktor lain seperti akses yang sangat jauh juga menyulitkan mereka dalam mengurus administrasi ke ibukota," jelasnya.

Melihat berbagai kendala tersebut, Zuli Eko Prasetyo berharap agar Pemdes mengambil bagian dalam membantu masyarakat. Sebagai langkah awal, Pemdes bisa memulai dengan melakukan pendataan menyeluruh terhadap warganya yang belum memiliki dokumen administrasi kependudukan.

"Setidaknya untuk dokumen-dokumen kependudukan terlebih dahulu, seperti KTP, kartu keluarga, akta kelahiran, dan lain-lain. Selanjutnya, Pemdes bisa mengusulkan kepada dinas terkait untuk melakukan perekaman sesuai data masyarakat yang terdata," pungkasnya.(Sam)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال