Lestarikan Danau Baruh Bahinu, Pemkab Balangan Lakukan Restorasi

Danau Baruh Bahinu Salah Satu Lokasi di Wisata Alam Baruh Bahinu Binjai Bersinar, Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan. Foto/IST

POSSINDO.COM, Balangan -Upaya jaga lingkungan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan mengambil langkah signifikan dengan melakukan restorasi terhadap Danau Baruh Bahinu. Danau ini adalah satu-satunya danau alami di Kabupaten Balangan dan bahkan di kawasan Banua Enam atau Hulu Sungai Kalimantan Selatan.

Taufiqurrahman, Kepala Bagian Administrasi Pembangunan, menyatakan bahwa Danau Baruh Bahinu memiliki peran vital sebagai sumber air untuk berbagai keperluan, seperti konservasi keanekaragaman hayati, budidaya perikanan, dan rekreasi.

"Restorasi atau pemulihan Danau Baruh Bahinu perlu dilakukan karena kondisinya semakin kritis. Airnya terus menyusut dan terjadi pendangkalan. Jika tidak ada langkah penyelamatan, danau ini bisa hilang," ungkapnya, Rabu (05/06/2024).

Pemkab Balangan saat ini telah merestorasi danau yang terletak di Desa Baruh Bahinu Dalam, Kecamatan Paringin Selatan. Sebagai langkah awal, Bappeda Balangan telah menyusun studi konservasi dan rehabilitasi Danau Baruh Bahinu.

"Pada tahun 2023, Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang telah melakukan pembersihan eceng gondok dan pengerukan Danau Baruh Bahinu," tambahnya.

Tahun ini, anggaran kembali dialokasikan untuk normalisasi, meskipun dalam skala kecil, guna memperpanjang usia danau.

"Harapannya, upaya restorasi ini dapat mengembalikan kapasitas dan fungsi danau, mengingat banyaknya potensi manfaat yang dimilikinya," tutupnya.(Wahid)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال