Multitasking Penyebab Anak Muda Bisa Jadi Pelupa

Multitasking atau Melakukan lebih dari Dua Pekerjaan dalam Waktu Bersamaan Ternyata Mampu Membuat Seseorang Menjadi Pelupa. Foto/pxfuel

POSSINDO.COM, Ragam -Orang yang multitasking sering dianggap sebagai orang yang produktif. Walau demikian, dalam jangka panjang kemampuan ini justru bisa membuat kita jadi pelupa.

Multitasking atau keterampilan melakukan lebih dari dua pekerjaan dalam waktu bersamaan ternyata membuat kita mengalami kelebihan beban kognitif (cognitive overload).

Menurut penjelasan Dr.dr.Gea Pandhita S, spesialis saraf, terlalu penuhnya aktivitas kognitif terjadi ketika tuntutan yang diberikan pada memori kerja melebihi kapasitasnya.

"Ketika multitasking, fokus kita otomatis terpecah dan atensinya hanya sedikit-sedikit. Hal ini membuat penyimpanan memorinya terganggu. Apalagi ditambah dengan kecemasan, akan makin sulit menyimpan memori dan mengingatnya kembali," ujarnya dalam acara media diskusi yang digelar oleh RS.Pondok Indah Jakarta (13/6/2024).

Kesulitan mengingat kembali ini menyebabkan kita jadi pelupa. Hal ini juga dibuktikan oleh berbagai penelitian yang menyebut otak manusia pada dasarnya tidak bisa melakukan multitasking.

Untuk mencegah hal ini, dr.Gea menyarankan agar kita tidak selalu multitasking, melainkan fokus pada satu pekerjaan dahulu.

"Kerjakan satu pekerjaan dulu minimal 20 menit, baru ditambah. Hal ini juga membuat kita bisa lebih maksimal menyimpannya dalam memori otak," ujarnya.

Beberapa penelitian juga menunjukkan orang yang sering multitasking mudah kehilangan konsentrasi dan membutuhkan waktu lebih lama untuk menyelesaikan pekerjaannya.

Sumber : kompas.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال