Pelatihan Pengelolaan Limbah Fasyankes Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Sukses Digelar

Kepala Dinas Kesehatan Kab.Kapuas dr.Tonun Irawaty Panjaitan, Berfoto bersama dengan Peserta Pelatihan Pengelolaan Limbah Fasyankes di Bapelkes Palangka Raya. Selasa, (04/06/2024). Foto/IST

POSSINDO.COM, Kapuas -Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas mengadakan Pelatihan Pengelolaan Limbah Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) yang berlangsung di Bapelkes Provinsi Kalimantan Tengah.

Pelatihan yang dihadiri oleh 30 peserta, yang terdiri dari 26 pengelola program kesehatan lingkungan (Kesling) dari puskesmas setempat dan 4 pengelola program Kesling dari Dinas Kesehatan diselenggarakan selama lima hari, mulai dari tanggal 4 hingga 8 Juni 2024.

Pembukaan acara dilakukan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, dr. Tonun Irawaty Panjaitan, M.M., yang secara resmi membuka kegiatan ini. Dalam sambutannya, ia menyampaikan harapannya agar para peserta dapat meningkatkan kompetensi dalam mengelola limbah Fasyankes sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Pelatihan ini menghadirkan narasumber dari berbagai instansi, termasuk Direktur Kesling Kementerian Kesehatan RI, Kementerian Lingkungan Hidup RI, Labkesda dan UPR Provinsi Kalimantan Tengah, serta Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah. Materi yang disampaikan mencakup kebijakan dan strategi penyelenggaraan kesehatan lingkungan di Fasyankes, regulasi dan strategi pengelolaan limbah Fasyankes, perencanaan pengelolaan limbah, pengelolaan limbah domestik dan medis padat, pengelolaan limbah cair dan gas, pengelolaan limbah dalam situasi darurat, serta pemantauan, evaluasi, dan pelaporan limbah Fasyankes.

Dr. Tonun menegaskan bahwa melalui pelatihan ini, diharapkan dapat terbentuk tenaga profesional yang mampu mengelola limbah Fasyankes sesuai standar yang ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan.

"Pada akhirnya, ini akan meningkatkan kualitas kesehatan lingkungan dan kesehatan masyarakat di wilayah kerja masing-masing peserta pelatihan," tutupnya.(Glas)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال