Pertama Kali Setelah 24 Tahun, Vladimir Putin Kunjungi Korea Utara

Presiden Korea Utara Kim Jongun dan Presiden Rusia Vladimir Putin. File photo courtesy KCNA via Reuters. Foto/KCNA

POSSINDO.COM, Ragam -Presiden Rusia Vladimir Putin mendarat di Pyongyang  ibu kota Korea Utara untuk kunjungan pertamanya ke negara tersebut dalam 24 tahun pada Selasa (18/6/2024).

Terakhir kali Putin mengunjungi Korea Utara adalah pada tahun 2000 ketika negara tersebut masih di bawah kepemimpinan Kim Jong Il—ayah Kim Jong Un

Berdasarkan keterangan Kremlin, Putin diundang oleh pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

Setelah bertukar sapa, kedua pemimpin berangkat dari bandara dengan kendaraan yang sama.

Ajudan Putin, Yury Ushakov, mengatakan kunjungan tersebut akan berlangsung selama dua hari dengan acara utama berlangsung pada hari kedua.

Upacara penyambutan resmi yang diikuti dengan pembicaraan diperkirakan akan berlangsung di kediaman Kim Jong Un pada Rabu (19/6/2024) malam. 

Rusia dan Korea Utara berencana untuk menandatangani beberapa dokumen setelah pembicaraan dengan pernyataan bersama yang diharapkan dari Putin dan Kim Jong Un.

Acara seremonial juga akan diadakan termasuk kunjungan ke monumen yang didedikasikan untuk prajurit Tentara Merah yang tewas saat melawan pasukan Jepang di Korea selama Perang Dunia II serta acara konser.

Keduanya akan melakukan perjalanan bersama kembali ke bandara setelah resepsi resmi kenegaraan dengan pidato yang disampaikan oleh kedua pemimpin. 

Dalam perjalanan tersebut, mereka akan mampir ke satu-satunya gereja Ortodoks di Korea Utara, yaitu Katedral Holy Tri.

Sumber : tvonenews.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال