Wakil Mentri Agama Buka Pesparawi XVII Provinsi Kalteng Di Pulang Pisau

Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki serta Pj Bupati Pulpis Hj Nunu Andriani bersama unsur Forkopimda membuka Pesparawi XVII Kalteng yang dipusatkan di stadion HM Sanusi, Sabtu (29/6/2024) malam. Foto/IST

POSSINDO.COM, Pulang Pisau - Pembukaan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) XVII tingkat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) diselenggarakan di Kabupaten Pulang Pisau terpusat di Stadion H.M Sanusi Pulang Pisau, Sabtu (29/6/2024) malam.

Pelaksanaan Pembukaan Pesparawi XVII Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah langsung di hadiri oleh Wakil Menteri (Wamen) Agama Indonesia Saiful Rahmat Dasuki sekaligus membuka Pesta Paduan Suara Gerejawi (Perparawi) XVII Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah.

Wamen Agama Indonesia Saiful Rahmat Dasuki mengatakan, sebagaimana mandat dalam Peraturan Menteri Agama Nomor 19 Tahun 2005 tentang Pesta Paduan Suara Gerejawi, maka secara umum dapat dipahami bahwa Pesparawi adalah bagian dari pembinaan mental, spiritual, moral dan etika umat kristen, sekaligus memupuk tali persaudaraan dan meningkatkan mutu paduan suara di tengah-tengah umat sekalian.

“Saya berharap, dengan adanya agenda tahunan ini mampu kembali menjaga relung hati kita, untuk memaknai perbedaan-perbedaan ini sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa yang harus kita syukuri, dengan menjaga perbedaan berarti kita menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia” ucapnya.

Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo menyampaikan kegiatan terebut merupakan momentum berharga, tidak hanya sebagai ajang kompetisi Paduan Suara Gerejawi, tetapi juga sebagai sarana untuk mempererat tali persaudaraan dan kebersamaan, khususnya umat Kristen di Kalimantan Tengah.

Selain itu, kegiatan Pesparawi juga merupakan salah satu wujud nyata dari semangat kebhinekaan dan toleransi, di tengah keberagaman budaya dan agama yang dimiliki Kalimantan Tengah, tetap mampu hidup berdampingan dengan penuh kedamaian dan saling menghormati, dengan selalu menjunjung tinggi Falsafah Huma Betang.

”Oleh karena itu, mari kita jadikan kegiatan Pesparawi ini sebagai inspirasi, untuk terus memperkuat rasa kebersamaan dan toleransi di antara semua umat beragama” ucapnya.

Pj Bupati Pulang Pisau Hj Nunu Andriani dalam sambutannya mengatakan berterimakasih serta menyambut baik kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah karena Kabupaten Pulang Pisau diberikan kepercayaan untuk menjadi Tuan Rumah penyelenggaraan Pesparawi pada tahun 2024.

“Secara Khusus kepada Pengurus Lembaga Pengembangan Pesparawi Daerah (LPPD) Kalimantan Tengah, kami diberi kepercayaan menjadi tuan rumah pada pelaksanaan Event Pesparawi periode tiga tahunan ini,” ucapnya.

Hj Nunu Andriani juga menjelaskan Pelaksanaan Pesparawi tahun 2024 diikuti oleh 13 Kabupaten dan Satu Kota se Kalimantan Tengah dengan jumlah peserta kurang lebih 2.695 orang peserta dan belum termasuk pendamping, Pemantau. (Sam)

Editor; Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال