384 Rumah Tak Layak Huni di Balangan Mulai Dibangun: Program Bedah Rumah Tahap Pertama Berjalan

Kepala Bidang Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Balangan, Rudi Hariyadi. Foto/IST

POSSINDO.COM, Balangan -Sebanyak 384 Unit Rumah Tak Layak Huni (RTLH) di Kabupaten Balangan kini tengah memasuki fase pembangunan. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Perumahan Rakyat, dan Kawasan Permukiman (PUPR Perkim) Kabupaten Balangan melanjutkan program bedah rumah sebanyak 780 RTLH di tahun 2024, yang dikerjakan dalam dua tahap.

Menurut Kepala Bidang Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Balangan, Rudi Hariyadi, tahap pertama program bedah rumah sudah berjalan dengan pekerjaan pembangunan yang tersebar di empat kecamatan, yakni Awayan, Tebing Tinggi, Paringin, dan Paringin Selatan.

Rudi menegaskan bahwa bantuan ini disalurkan tanpa melibatkan pihak ketiga, sehingga penerima manfaat bisa membangun rumahnya secara mandiri dengan memanfaatkan jasa tukang atau gotong royong.

"Bentuk bantuannya berupa uang tunai sebesar Rp30 juta, bukan rumah yang langsung jadi," jelasnya, Kamis (11/07/2024).

Ia juga merinci bahwa dana tersebut dialokasikan 80 persen untuk bahan bangunan dan 20 persen untuk biaya tenaga kerja. Sementara itu, untuk tahap kedua program bedah rumah, saat ini masih dalam proses verifikasi.(Wahid)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال