5 Manfaat Nonton Film Komedi Bagi Kesehatan

Bukan Hanya Sekedar Untuk Hiburan, Ternyata Menonton Film Memiliki Manfaat yang Baik Bagi Kesehatan Anda. Foto/Net

 POSSINDO.COM, Olahraga -Menonton film komedi seringkali dianggap sebagai cara yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu luang. Namun, selain membuat tertawa, menonton film komedi ternyata juga dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan.

Manfaat menonton film komedi untuk kesehatan Dilansir dari Health Fitness Revolution, berikut adalah beberapa manfaat menonton film komedi untuk kesehatan:

1. Meredakan stres

 

Menonton pertunjukan komedi dapat memberikan manfaat tertawa yang mengurangi tingkat hormon stres, seperti kortisol dan epinefrin. Ini menciptakan lingkungan yang santai untuk pikiran dan tubuh. Dalam penelitian tahun 2008 yang diterbitkan oleh American Physiological Society, peneliti menemukan bahwa antisipasi tertawa saja menurunkan tingkat tiga hormon stres. Kortisol, epinefrin, dan dopac turun masing-masing sebesar 39, 70, dan 38 persen.

2. Relaksasi otot

 

Beri istirahat pada otot dengan menghadiri pertunjukan komedi. Tertawa meningkatkan aliran oksigen dan membantu mengurangi ketegangan otot. Satu pertunjukan komedi dapat membuat otot terasa rileks hingga satu jam setelahnya.

 

3. Membantu menurunkan tekanan darah

 

Tertawa, terutama untuk waktu yang lama, meningkatkan denyut jantung dan pernapasan. Peningkatan ini kemudian diikuti oleh penurunan denyut jantung, pernapasan, dan tekanan darah. Ini membuat menonton pertunjukan komedi menjadi cara efektif untuk menurunkan tekanan darah.

 

4. Membakar kalori

 

Ternyata, tertawa membakar kalori. Seorang peneliti dari Universitas Vanderbilt menemukan bahwa tertawa selama 10-15 menit dapat membakar hingga 50 kalori.

 

5. Merangsang otak

 

Tertawa bukanlah hal yang main-main karena melibatkan beberapa bagian otak. Proses saraf yang beragam yang terlibat dalam tertawa membuat menonton pertunjukan komedi menjadi aktivitas yang kompleks, terutama bagi otak.


Sumber : kompas.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال