BLK Balangan Gelar Pelatihan Tahap II untuk Tingkatkan Keterampilan dan Daya Saing Tenaga Kerja Lokal

Pembukaan Pelatihan Berbasis Kompetensi Tahap II di Aula BLK Balangan ditandai dengan Pengalungan ID Card Peserta, bertempat di Aula BLK Balangan, Desa Mampari, Kecamatan Batumandi. Rabu, (03/07/2024). Foto/IST

POSSINDO.COM, Balangan -Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Balangan, yang berada di bawah naungan Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Tenaga Kerja (DKUKMTK), kembali mengadakan program pelatihan berbasis kompetensi tahap II bagi masyarakat.

Tiga program utama yang ditawarkan dalam pelatihan kali ini adalah Plate Welder SMAW 3G, Service Sepeda Motor Injeksi, dan Pemasangan Instalasi Listrik Bangunan Sederhana, dengan total peserta sebanyak 48 orang.

Kepala UPT BLK Balangan, Abdul Mukhlis, dalam laporannya menyatakan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan daya saing tenaga kerja lokal. Abdul Mukhlis juga menegaskan komitmen BLK Balangan untuk terus menyelenggarakan pelatihan yang relevan dengan kebutuhan industri saat ini.

"Program selanjutnya yang akan kami adakan dari dana APBD adalah Plate Welder SMAW 4G. Kami juga mendapat informasi bahwa perusahaan sedang mencari kandidat welder yang 4G," ujar Abdul Mukhlis.

Selain menyelenggarakan pelatihan berbasis kompetensi, UPT BLK Balangan juga aktif menjalin kerja sama dengan industri untuk penempatan lulusan. Abdul Mukhlis menyampaikan bahwa mereka telah menandatangani nota kesepahaman dengan PT. Dian Pandu Pratama, yang bergerak di bidang pertambangan dan perkapalan, dan membutuhkan sekitar 130 orang kandidat welder.

Dengan kolaborasi antara BLK Balangan dan PT. Dian Pandu Pratama, diharapkan semakin banyak lulusan yang dapat bekerja di sektor-sektor strategis seperti pertambangan dan perkapalan, yang akan mendukung pertumbuhan ekonomi daerah.(Sam)

Editor : Tuah  

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال