Indonesia Jadi yang Pertama di Dunia Bangun Ekosistem Baterai Mobil Listrik Terintegrasi

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia. Foto/MNC Media

POSSINDO.COM, Ekonomi -Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan, pembangunan ekosistem baterai mobil listrik yang terintegrasi dari hulu ke hilir di lokasi pabrik PT HLI Green Power, Karawang, Jawa Barat merupakan yang pertama di dunia.

Bahlil mengatakan, apabila semua tahapan dari mulai pertambangan, smelter, HPAL (High Pressure Acid Leach), prekursor, sel baterai, sampai dengan mobil semua sudah siap dilakukan, Indonesia akan menjadi salah satu negara pemain ekosistem baterai mobil listrik, khususnya yang berbahan baku nikel.

"Kami tanya di dunia sudah ada belum yang membangun ekosistem baterai mobil yang terintegrasi dari hulu, dari tambang sampai mobil. Ternyata belum ada, dan kita, Indonesia, yang pertama untuk melakukan hal ini," kata Bahlil dalam keterangan tertulis, Rabu (3/7/2024).

Bahlil mengatakan, perjuangan untuk merealisasikan investasi ini membutuhkan upaya dan dukungan luar biasa dari semua pihak terutama pada masa pandemi Covid-19. Ia mengatakan, kehadiran Presiden Joko Widodo sejak groundbreaking pabrik ini pada tahun 2021, kemudian tinjauan pada bulan September 2023, dan hingga sampai peresmiannya hari ini menjadi penyemangat.

Sumber : Kompas.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال