Manfaat Luar Biasa Jalan Kaki Setelah Makan: Dari Kendali Gula Darah hingga Perbaikan Mood

Berjalan Kaki Setelah Makan Bisa Memberi Manfaat Optimal Bagi Kesehatan. Foto/neurosciencenews

 
POSSINDO.COM, Ragam -Menyiapkan makanan untuk seluruh keluarga adalah kegiatan yang menguras energi. Mulai dari berbelanja, hingga memasak. Itu sebabnya setelah makan yang kita inginkan adalah duduk-duduk. Padahal, berjalan kaki setelah makan bisa memberi manfaat optimal bagi kesehatan.

Kita bahkan tidak perlu berjalan cepat atau jauh untuk memetik manfaatnya. "Kapan waktu yang tepat setelah menylesaikan makan, sebenarnya setelah kita merasa nyaman untuk mulai bergerak," kata pakar sains olahraga Sheri Colberg Ph.D.

 

Manfaat utama dari jalan kaki setelah makan adalah memperbaiki kadar gula darah. Dalam percobaan berskala kecil, dibandingkan dengan yang hanya duduk-duduk, mereka yang berjalan kaki setelah makan memiliki kadar gula darah yang lebih terkontrol.

Menurut penjelasan peneliti bidang olahraga Dan Seung Kim, saat kita berjalan otot-otot perlu bekerja keras sehingga otot membakar glukosa sebagai bahan bakarnya.

"Beberapa penelitian menunjukkan jalan kaki setelah makan bisa menurunkan kadar gula darah, baik pada orang dengan diabetes melitus atau yang sehat," kata Kim.

Manfaat lainnya adalah membantu meningkatkan perfoma fisik dan membakar lebih banyak kalori sehingga tidak menumpuk menjadi lemak. Berjalan kaki juga akan melepaskan hormon-hormon di otak yang menurunkan depresi dan memperbaiki mood.

Sumber : kompas.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال