Menko PMK Kunjungi Dua Lokasi di Brazil: Pelajari Program Makan Siang Gratis

Muhadjir Effendy melakukan kunjungan di dua lokasi makan siang "gratis" di Rio de Janeiro, Brazil, Selasa (23/7) lalu. Foto/Kemenkopmk

POSSINDO.COM, Nasional -Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy berkunjung ke Kota Rio de Janeiro, Brazil untuk mempelajari makan siang gratis lewat program pemenuhan gizi yang telah dilakukan pemerintah Brazil.

"Kunjungan ini akan menjadi salah satu benchmark untuk kebijakan yang akan diterapkan di negara kami dalam program makan bergizi gratis yang akan dilakukan pemerintah Indonesia," kata Muhadjir dalam keterangannya dikutip Jumat (26/7).

Muhadjir mengunjungi dua lokasi penyelenggara makan bergizi gratis di Kota Rio de Janeiro yaitu Restaurante Do Povo Herbert de Souza dan Sekolah Negeri Tingkat Atas Colegio Estadual Souza Augiar (CESA).

Di Restaurante do Povo, Muhadjir mendapatkan penjelasan, warga umum yang datang cukup membayar R$ 3. Sedangkan untuk lansia dan difabel cukup $ 1. Pemerintah melakukan subsidi per porsi sebanyak R$ 2.

"Kami menutup biaya dengan donasi dari berbagai kalangan, termasuk kalangan pengusaha," kata pimpinan Restaurante do Povo Felipe Carvalho.

Warga yang datang ke Restorante do Povo adalah kalangan miskin, difabel, dan lansia dari lingkungan sekitar. Saat makan siang ketika kunjungan warga antre panjang ratusan orang.

Mereka dilayani untuk mendapatkan sepiring makanan dalam nampan. Menunya nasi, ayam berkuah, sayuran, serta segelas jus jeruk. Mereka lalu duduk makan di aula yang luas dan bersih dengan kapasitas 600 tempat duduk.

Selanjutnya, Muhadjir juga melihat pelaksanaan program makan siang gratis di Sekolah Menengah Atas CESA. Program makan siang gratis di sekolah ini merupakan program dari Pemerintah Brasil untuk memenuhi gizi murid-murid di sekolah.

Sumber : cnnindonesia.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال