Pemkab Balangan Terus Perkuat Sinergi untuk Capai Balangan Bebas Stunting Melalui Program BALANTING

Tim Pokja Balangan Lawan Stunting (BALANTING) saat Melakukan Verifikasi dan Validasi Lapangan. Foto/IST

POSSINDO.COM, Balangan - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan terus memperkuat sinergi dengan Adaro Group untuk mewujudkan Balangan sebagai kabupaten yang inovatif, salah satunya melalui program unggulan Balangan Lawan Stunting (BALANTING).

Kerjasama ini telah diresmikan dalam acara Gebrakan Inovasi dan Kolaborasi pada 22 Mei 2024. Kolaborasi tersebut tidak berhenti pada seremonial, tetapi dilanjutkan dengan langkah-langkah konkret untuk mencapai target desa bebas stunting atau zero stunting.

Hasil dari elektronik-Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (e-PPGBM) pada Februari hingga Juni 2024 menunjukkan kemajuan signifikan. Tim Pokja Balanting, yang melibatkan perwakilan dari Dinas Kesehatan, Baperinda, DP3APPKBPMD, Satgas Stunting Kabupaten, serta Adaro Group, melakukan verifikasi dan validasi di 11 desa. Desa tersebut meliputi Lok Batung, Murung Ilung, Lamida Bawah, Tarangan, Suryatama, Puyun, Gunung Riut, Aniungan, Kasai, Tariwin, dan Lampihong Kanan, yang dinilai berpotensi mencapai status zero stunting.

Pada awal Juli 2024, hasil verifikasi menunjukkan bahwa Desa Lok Batung di Kecamatan Paringin berhasil mencapai zero stunting, tanpa balita yang mengalami stunting. Selain itu, tiga desa lainnya, yakni Aniungan, Murung Ilung, dan Tariwin, masing-masing memiliki satu kasus balita stunting yang disertai penyakit penyerta, sehingga memerlukan penanganan intensif selama 3 hingga 6 bulan.

Desa Puyun dan Kasai mencatat dua kasus balita stunting di masing-masing desa, yang juga membutuhkan intervensi lebih lanjut. Untuk menangani kasus tersebut, Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan mengarahkan pemeriksaan lanjutan, perawatan intensif, serta penanganan gizi secara teratur guna memastikan kesehatan para balita tersebut.

Kolaborasi yang berkelanjutan antara Pemkab Balangan dan Adaro Group diharapkan semakin memperkuat upaya dalam memberantas stunting dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di daerah tersebut.(Wahid)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال