Sudah Sepekan Hilang Kontak, Kapal Angkut BTS Masih Belum Ditemukan

Basarnas Melakukan Pencarian Kapal Mengangkut Peralatan BAKTI Kominfo. Foto/Dok.IST/smol.id

 
POSSINDO.COM, Peristiwa -Upaya pencarian Kapal Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo yang hilang kontak dalam perjalanan dari Timika menuju Yahukimo, Papua masih belum membuahkan hasil hingga Rabu (24/7) kemarin.
 
Proses pencarian kapal pengangkut BTS ini turut melibatkan sejumlah alutsista milik TNI. Di antaranya, Heli Super Puma milik TNI AU hingga KRI Teluk Lada 521 milik TNI AL.

 

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika I Wayan Suyatna mengatakan Heli Super Puma telah dikerahkan untuk menyisir di sekitar pesisir pantai dan sungai-sungai.

Sementara KRI Teluk Lada 521 dikerahkan untuk melakukan penyisiran disekitar area pencarian bagian utara perairan Aru dan selanjutnya menuju ke Ambon.

"Semua pencarian tersebut belum juga membuahkan hasil," kata Wayan dalam keterangannya, Kamis (25/7).

Disampaikan Wayan, proses pencarian oleh tim gabungan akan terus dilakukan pada hari ini di lokasi-lokasi yang telah dipetakan.

"Direncanakan pencarian akan kembali dilanjutkan pada pagi ini sesuai dengan rencana operasi SAR H6," ucap dia.

Kapal LCT Cita XX jenis LCT GT 145 dilaporkan hilang kontak sejak Rabu, 17 Juli 2024. Kapal tersebut terakhir berkomunikasi dengan kapal Prima Jaya yang melintas bersamaan pada hari sebelumnya, 16 Juli 2024.

Dari informasi yang disampaikan kru Kapal Prima Jaya, Kapal Cita XX tidak melaju dan posisi mengambil di pinggiran.

Kapal tersebut diketahui mengangkut 12 orang dan membawa material BTS, tower, power, dan VSAT untuk penyediaan sinyal 4G BAKTI Kominfo di wilayah Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan.

Sumber : cnnindonesia.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال