5 Jenis Makanan untuk Lansia Agar Tetap Sehat dan Bugar

Mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang adalah bagian penting untuk tetap sehat seiring bertambahnya usia, khususnya pada lansia. Foto/Net

POSSINDO.COM, Ragam -Pada dasarnya, kebutuhan nutrisi bervariasi sesuai usia dan jenis kelamin. Seiring bertambahnya usia, makanan dan minuman sehat yang dibutuhkan oleh tubuh orang lanjut usia (lansia) juga akan sedikit berbeda dengan saat mereka masih muda.

Menurut Serene Tay, Ahli Diet Rumah Sakit Umum Ng Teng Fong, banyak faktor yang berkaitan dengan usia, yang memengaruhi perubahan asupan nutrisi.

Ini termasuk gaya hidup yang kurang aktif, pencernaan yang menurun, tingkat persepsi sensorik yang lebih rendah (rasa, bau dan penglihatan), masalah gigi, hingga ketidaknyamanan karena gigi palsu dan masalah menelan.

Nafsu makan dan kebutuhan kalori lansia memang lebih rendah, tapi pemenuhan nutrisi yang tepat pada lansia sangat penting untuk menjaga tubuh tetap sehat dan pikiran tetap waspada, untuk menyediakan energi yang cukup saat menjalani hari.

Makanan yang Dibutuhkan Lansia

1. Ikan

Memastikan asupan protein rendah lemak berkualitas baik yang memadai sangat penting, terutama bagi para lansia, untuk mengatasi kehilangan otot dan membantu penyembuhan.

Ikan adalah protein yang mudah dicerna dan sumber nutrisi yang sangat baik. Makanlah dua porsi ikan dalam seminggu dan jika memungkinkan, pilihlah ikan berminyak seperti salmon, tuna, atau sarden.

Sarden dan salmon adalah pilihan yang baik, karena memiliki tulang yang dapat dimakan yang memberikan tambahan kalsium.

2. Daging

Hindari daging merah dan daging berlemak, karena mengandung lemak jenuh yang dapat menyumbat jantung.

Sebagai gantinya, pilihlah ayam tanpa kulit atau daging merah tanpa lemak. Makanlah daging secukupnya.

3. Produk Susu dan Makanan Kaya Kalsium

Seiring bertambahnya usia, penting untuk memastikan bahwa para lansia mengonsumsi cukup kalsium untuk mencegah osteoporosis atau penyakit tulang rapuh.

Produk susu rendah lemak seperti susu, keju, dan yoghurt merupakan sumber kalsium dan vitamin D.

Tahu dan susu kacang kedelai juga merupakan pilihan yang sangat baik bagi lansia yang tidak toleran terhadap laktosa.

4. Karbohidrat Gandum Utuh

Selalu pilihlah nasi, mie, roti atau biskuit dari gandum utuh, karena merupakan sumber vitamin B dan serat makanan yang baik untuk memberikan energi.

5. Buah dan Sayuran Segar

 

Vitamin dari makanan utuh adalah yang terbaik dan paling mudah diserap - dan tidak ada yang bisa mengalahkan vitamin dan antioksidan yang terkandung dalam buah dan sayuran.

 
Sumber : kompas.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال