BPBD Balangan Lakukan Persiapan Matang Rakor Karhutla: Antisipasi Musim Kemarau

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan, H Rahmi. Foto/IST

POSSINDO.COM, Balangan -Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan menggelar rapat internal mempersiapkan Rakor Karhutla Tahun.

Rapat ini bertujuan untuk mengantisipasi dan meminimalisir potensi kebakaran hutan dan lahan (karhutla), serta memastikan penanganannya berjalan efisien. Kepala BPBD Balangan, H Rahmi, menyampaikan bahwa rapat ini melibatkan Bupati, forkopimda, stakeholder, dan instansi terkait.

"Setelah rapat, jika terdapat indikasi potensi karhutla, Bupati akan menetapkan status siaga karhutla," ucapnya, Rabu (07/08/2024).

Rakor Karhutla Tahun 2024 direncanakan pada Senin, 12 Agustus 2024, sementara Apel Karhutla akan dilaksanakan pada 21 atau 22 Agustus 2024.

Langkah-langkah antisipasi selanjutnya mencakup memetakan personel, peralatan, dan sistem koordinasi melalui kegiatan apel siaga karhutla. BPBD Balangan juga intensif dalam sosialisasi, komunikasi, dan edukasi kepada masyarakat, khususnya kepada petani dan peladang, untuk menghindari praktik pembakaran hutan dan lahan.(Wahid)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال