DKP3 Balangan Gelar Sosialisasi dan Demonstrasi B2SA: Cegah Stunting Melalui Penerapan Pola Makanan Sehat

Foto Bersama Usai Acara Sosialisasi dan Demonstrasi Promosi Menu Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA), berlangsung di Gedung Mahligai Mayang Maurai, Paringin. Selasa, (06/08/2024). Foto/IST

POSSINDO.COM, Balangan -Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Kabupaten Balangan menyelenggarakan acara sosialisasi dan demonstrasi promosi menu Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA).

Acara tersebut dibuka oleh Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Balangan, Megawati Ulpah Supiani. Dalam laporannya sebagai pelaksana kegiatan, menyatakan bahwa pengenalan menu B2SA kepada masyarakat dilakukan melalui sosialisasi dan promosi, yang kemudian dilanjutkan dengan lomba cipta menu B2SA. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan ketahanan pangan masyarakat secara berkelanjutan.

Selain itu, edukasi dan penerapan menu B2SA juga ditujukan untuk mencegah dan mengatasi stunting, masalah yang berkaitan dengan gagal tumbuh dan kekurangan gizi pada anak.

Pada kegiatan ini, materi tentang penerapan pola konsumsi B2SA dalam keluarga serta intervensi sensitif dalam pencegahan stunting disampaikan oleh Ahli Gizi, Dedy Hatta Permana. Dalam paparannya, Dedy Hatta menekankan pentingnya menyediakan asupan karbohidrat dan protein yang cukup bagi anak-anak.

Dia juga menyoroti pentingnya pemilihan pasangan yang tepat, serta pentingnya kontak fisik orang tua dengan anak, seperti memeluk anak minimal 12 hingga 16 kali sehari, untuk mencegah stunting.

Setelah sesi materi tentang penerapan pola konsumsi B2SA, acara dilanjutkan dengan demonstrasi memasak menu B2SA untuk sarapan keluarga, makanan pendamping ASI (MP-ASI), dan pemberian makanan tambahan (PMT), yang dipandu oleh Chef Agus Sasirangan.(Wahid)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال