Ketua Komisi II DPRD Barito Utara Ajak UMKM Beradaptasi Lebih Kreatif dan Inovatif di Tengah Perdagangan Global

Ketua Komisi II DPRD  Kabupaten Barito Utara, Karianto Saman. Foto/IST

POSSINDO.COM, Barito Utara -Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Barito Utara, Karianto Saman, mengimbau para pelaku UMKM di daerahnya untuk beradaptasi dengan perubahan perdagangan global yang kini ada dalam genggaman kita.

"Sekarang, perdagangan global ada di tangan kita melalui gadget yang kita gunakan sehari-hari," ujar Karianto Saman,

Menurutnya, barang apapun yang dibutuhkan, baik untuk keperluan pribadi maupun untuk diperdagangkan kembali, kini dapat dengan mudah diakses melalui berbagai platform e-commerce yang tersedia di aplikasi ponsel.

"Suka atau tidak, siap atau tidak, inilah dinamika perdagangan global saat ini yang menuntut kita, baik sebagai konsumen maupun produsen, untuk adaptif terhadap perubahan," tambahnya.

Karianto kembali mengajak para pelaku UMKM di Kabupaten Barito Utara untuk menyesuaikan diri dengan perubahan ini. Ia menekankan bahwa perubahan ini akan memicu persaingan ketat, yang menuntut peningkatan kualitas sumber daya manusia, etos kerja, dan profesionalisme.

"Selain itu, kita juga harus berinovasi dalam strategi pemasaran produk agar bisa bersaing dengan produk dan jasa dari berbagai daerah," jelasnya.

Perubahan ini, menurut Karianto, harus menjadi pemicu semangat bagi masyarakat dan pelaku UMKM di Barito Utara untuk segera berbenah dan mempersiapkan diri.(Wan)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال