Maroko Bertekad Bangun Stadion Terbesar di Dunia untuk Piala Dunia 2030

Maroko mau bangun stadion sepakbola terbesar dunia. Foto/Dok. Populous

POSSINDO.COM, Olahraga -Maroko punya proyek ambisius menuju Piala Dunia 2030. Negeri Afrika Utara ini mau membangun stadion sepakbola terbesar di dunia berkapasitas 115 ribu kursi.

FIFA menunjuk Maroko sebagai salah satu negara host Piala Dunia 2030. Maroko menjadi tuan rumah bersama Spanyol dan Portugal.

Pengerjaan Grand Stade Hassan II sudah berlangsung dengan lokasi proyek mencapai 100 hektar.

20 stadion disiapkan untuk Piala Dunia 2030, 6 di antaranya dari Maroko. Satu stadion baru dicanangkan Maroko demi gelaran tersebut.

Stadion baru itu bernama Grand Stade Hassan II yang berada di kota Casablanca. Stadion ini rencananya punya daya tampung mencapai 115 ribu penonton.

Jumlah tersebut akan menjadikan Grand Stade Hassan II sebagai stadion terbesar di dunia. Rekor tersebut saat ini dipegang Stadion Hari Buruh Rungardo yang ada di Pyongyang, Korea Utara, dengan 114 ribu kursi.

Desain Grand Stade Hassan II Stadium dirancang perusahaan Inggris, Populous. Peluncuran desainnya dilakukan Selasa (20/8/2024) menampilkan struktur unik stadion.

Bagian atap stadion memiliki desain seperti tenda, yang terinspirasi dari festival tradisional Maroko 'Moussem'. Terdapat taman gantung setinggi 28 meter di atas daratan, plus kebun botanikal di permukaan tanah.

Sumber : detik.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال