BPBD Balangan Gelar Bimtek Pemanfaatan Kajian Risiko Bencana untuk Perencanaan Pembangunan

Kepala Pelaksana BPBD Balangan, H Rahmi saat Membuka Kegiatan Bimtek. Foto/IST

POSSINDO.COM, Balangan -Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) mengenai pemanfaatan Kajian Risiko Bencana (KRB) untuk perencanaan pembangunan di Kabupaten Balangan. Kegiatan ini berlangsung di Hotel Best World Kindai, Banjarmasin, pada Senin (23/09/2024).

Kepala Pelaksana BPBD Balangan, H Rahmi, menjelaskan bahwa Bimtek ini merupakan langkah penting dalam mensosialisasikan isi KRB kepada BPBD dan stakeholder terkait.

“Tujuannya adalah agar dokumen ini dapat menjadi pedoman dalam penyusunan rencana pembangunan jangka menengah dan panjang,” ungkapnya.

Ia menekankan pentingnya pemahaman bersama terhadap dokumen KRB, yang sejalan dengan dokumen teknis lainnya untuk mendukung pembangunan daerah.

“Menurut Permendagri Nomor 101 Tahun 2018, terdapat tiga layanan dasar yang harus dipenuhi terkait bencana, yaitu Pelayanan Informasi Rawan Bencana, Pelayanan Pencegahan dan Kesiapsiagaan, serta Pelayanan Penyelamatan dan Evakuasi,” tambahnya.

Mandat dari Permendagri ini mewajibkan pemerintah daerah untuk menyiapkan tiga dokumen penanggulangan bencana: KRB, Rencana Penanggulangan Bencana (RPB), dan Rencana Kontijensi (Renkon). Ketiga dokumen ini menjadi bagian dari layanan pokok yang memastikan mutu layanan sesuai standar yang ditetapkan.

Peserta Bimtek terdiri dari berbagai perangkat daerah, termasuk PUPR, Dinas Sosial, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pendidikan, Diskominfo, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Dinas Kesehatan, serta perwakilan dari bagian perencanaan di masing-masing kecamatan.(Wahid)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال