BPBD Barito Utara Gelar Sosialisasi Kontinjensi Bencana Banjir: Langkah Strategis untuk Kesiapsiagaan dan Mitigasi Bencana

Kegiatan Sosialisasi Kontinjensi Bencana Banjir oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Barito Utara. Foto/IST

 
POSSINDO.COM, Barito Utara -Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Barito Utara menggelar sosialisasi mengenai Rancangan Peraturan Bupati (Raperbup) terkait Penetapan Rencana Kontinjensi Bencana Banjir di wilayah tersebut pada Senin (16/09/2024), yang berlangsung di Kantor Kecamatan Lahei.
 
Sosialisasi Raperbup tentang Penetapan Rencana Kontinjensi Bencana Banjir ini merupakan langkah strategis BPBD Barito Utara untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan mitigasi bencana di daerah rawan banjir. 
 
Acara ini dihadiri oleh Kepala BPBD Barito Utara, Simamoraturahman, serta Kepala Bidang Kedaruratan dan Bencana BPBD, Rijali Hadi. Selain itu, turut hadir perwakilan dari Kecamatan Lahei, kepala desa, tokoh masyarakat, peserta sosialisasi, dan beberapa tamu undangan lainnya.
 
"Kontinjensi merupakan kemungkinan yang bisa terjadi, namun tidak pasti. Sosialisasi ini kami selenggarakan di beberapa kecamatan yang berpotensi terkena banjir di Kabupaten Barito Utara," ungkap Simamoraturahman, Kepala BPBD Barito Utara.
 
Dengan melibatkan berbagai pihak dan menyampaikan informasi mengenai kemungkinan bencana, diharapkan masyarakat dan pemerintah lokal dapat lebih siap menghadapi potensi bencana, meskipun tidak semuanya pasti akan terjadi. 
 
Beliau juga menambahkan bahwa kontinjensi adalah langkah antisipatif untuk menghadapi peristiwa yang mungkin terjadi, meskipun tidak menutup kemungkinan peristiwa tersebut tidak akan terjadi.
 
Kegiatan ini menunjukkan komitmen BPBD dalam meminimalisir risiko dan dampak bencana melalui perencanaan yang matang dan kolaborasi yang efektif.(Wan)
 
Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال