BUMDes Sebagai Motor Penggerak Ekonomi: Legislator Barito Utara Ajak Pemdes Maksimalkan Peran

Anggota DPRD Kabupaten Barito Utara, Benny Siswanto. Foto/IST

POSSINDO.COM, Barito Utara -Anggota DPRD Kabupaten Barito Utara, Benny Siswanto, mendorong pemerintah desa (Pemdes) untuk lebih mengoptimalkan peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam memperkuat ekonomi desa. Menurutnya, setiap desa di Barito Utara memiliki potensi ekonomi yang besar yang dapat dikembangkan melalui BUMDes.

"BUMDes perlu dikelola secara optimal oleh setiap desa. Ini adalah langkah strategis untuk memperkuat ekonomi masyarakat di tingkat desa. Selain itu, BUMDes juga memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk memulai usaha dengan modal yang memadai," ungkapnya, Senin (09/09/2024).

Ia menjelaskan bahwa pengelolaan BUMDes yang lebih maksimal akan mempercepat proses pemulihan ekonomi, yang saat ini sudah menunjukkan tren positif. Benny berharap keberadaan BUMDes dapat memberikan dampak nyata bagi masyarakat, termasuk meningkatkan lapangan kerja di desa.

“Dukungan dari berbagai pihak sangat diperlukan, mulai dari pemerintah daerah hingga kecamatan dan desa. BUMDes sebagai badan hukum yang mewakili masyarakat desa memiliki potensi untuk berkembang pesat jika dimanfaatkan dengan baik,” tambah politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut.

Benny juga menyoroti pentingnya mengembangkan sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di desa-desa. Ia menilai bahwa selama ini UMKM lebih berkembang di perkotaan, dan dengan adanya fasilitas dari BUMDes, pengembangan UMKM di desa dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi perekonomian desa.(Wan)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال