Cegah Insecure di Dunia Maya: Pentingnya Literasi Digital

Media sosial menjadi platform yang sudah pasti hampir semua pengguna smartphone menggunakannya. Foto/Net
 
POSSINDO.COM, Ragam -Pegiat literasi digital Indonesia Moh. Rouf Azizi menekankan pentingnya literasi digital dalam bermedia sosial. Sebab dunia maya akan celaka bila salah digunakan, merugi bila diabaikan, dan beruntung bila dimanfaatkan.
 
Salah satu dampak media sosial adalah insecure, yang merupakan keadaan kurang percaya diri dan merasa lebih rendah dari orang lain. Misalnya terkait fisik, hubungan, dan pencapaian hidup, sehingga merasa tidak aman, nyaman, dan gelisah dalam hidup.
 
"Tanda-tanda insecure seperti sering membandingkan dengan orang lain atau merasa rumput tetangga lebih hijau, tidak percaya diri dalam banyak hal, obsesi menjadi sempurna (perfeksionis), merasa sedih atau mudah terpengaruh orang lain," jelas Rouf dalam diskusi literasi digital, dikutip dari keterangan tertulis, Jumat, 30 Agustus 2024.
 
Insecure, menurut Rouf, disebabkan oleh pemikiran negatif tentang diri sendiri, yang jika berlebihan dapat menyebabkan gangguan mental. Tips bebas dari rasa insecure yakni menemukan kelebihan, bersyukur dan berhenti membandingkan diri dengan orang lain, lakukan hal yang membahagiakan diri, dan kelilingi diri dengan orang yang suportif.
 
"Membandingkan diri dengan orang lain tidak akan pernah habis. Fokuslah pada kelebihanmu. Banyak hal luar biasa yang dapat kamu lakukan tanpa disadari, dan jangan terfokus dengan kekurangan yang dapat menciutkan mental," terang dia.
 
Agar media sosial tidak membuat perasaan penggunanya merasa insecure, dosen Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Almamater Wartawan Surabaya (STIKOSA AWS) E. Rizky Wulandari meminta pelajar untuk tidak membandingkan hidup dengan highlight reel orang lain.
 
"Fokus pada diri sendiri, batasi waktu di media sosial, jangan ragu untuk unfollow atau mute akun yang membuatmu merasa buruk, dan lakukan aktivitas fisik sesuai minat dan hobi," pesan Rizky.
 
Sumber : metrotvnews.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال